Jarpuk Amanah Ummah Laweyan Gelar Motivasi Wirausaha

Print Friendly and PDF

Narasumber dosen prodi akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Suharno, yang juga menjabat sebagai Direktur Amalia Consulting saat menyampaikan tips kunci sukses berwirausaha.


Jarpuk Amanah Ummah Laweyan Gelar Motivasi Wirausaha 

Solo- majalahlarise.com -Dalam rangka meningkatkan motivasi dalam menjalankan usaha, Jaringan Perempuan Usaha Kecil (Jarpuk) Amanah Ummah Cabang Laweyan, Surakarta, Senin sore (10/10-2022), bertempat di rumah Ibu Murni, Tegalrejo, Sondakan, Laweyan, menggelar motivasi wirausaha.

Ketua Kelompok Jarpuk, Laweyan, Ibu Octa, menjelaskan kegiatan diikuti 22 anggota Jarpuk, yang memiliki beragam usaha, diantaranya penjahit, penjual roti, gorengan, bothok, supplement kesehatan dan mebel.

"Acara digelar rutin setiap sebulan sekali. Dengan tujuan meningkatkan silaturahmi dan membangun jaringan usaha, serta sharing pengetahuan dan ketrampilan mengelola usaha,"ungkapnya.

Lebih lanjut, ibu Octa, menjelaskan pertemuan bulan Oktober 2022, menghadirkan narasumber dosen prodi akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Suharno, yang juga menjabat sebagai Direktur Amalia Consulting.

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Pelepasan Guru Purna Tugas dan Alih Tempat Tugas

Dalam paparannya, Suharno, mengungkapkan kunci sukses berwirausaha usaha, terkait tip-tip sederhana yang dapat dilakukan anggota Jarpuk, untuk meningkatkan omzet penjualan secara sederhana dan membumi. 

"Apabila usaha ibu-ibu ingin sukses, maka syarat utama, dalam menjalankan usaha apapun bentuknya harus fokus," paparnya.

Lebih lanjut, Suharno, menguraikan, makna fokus yang dimaksud, tidak hanya mencurahkan tenaga, waktu dan fikiran saja terhadap produk yang dijual. Namun fakus juga merupakan akronim dari freindly, optimis, calculation, unique dan spritual.

"Apapun usaha kita bila ingin sukses menjual produk, kita harus friedly dalam pelayanan yaitu murah senyum, semanak dan grapyak. Di samping itu harus menjauhkan diri dari mengeluhkan dan gampang putus asa. Kita harus selalu optimis tidak pesimis. Langkah berikutnya setiap langkah harus selalu diperhitungkan untung ruginya," tandasnya.

Lebih lanjut, Suharno, memaparkan tip kiat sukses berikutnya yaitu harus berani tampil beda dalam produk, pelayanan dan purna jual.

"Apabila empat tip kunci sukses telah dijalankan pasrahkan kepada Allah SWT, kita lakukan pendekatan aspek spiritualitas. Lakukan dengan tulus, ikhlas dan sabar pasti Allah SWT akan memberi jalan ke luar, bila kita menghadapi kesulitan," pungkas.

Usai paparan materi, Suharno, membuka kesempatan diskusi dan tanya jawab yang direspon positif kalangan peserta. 

Walaupun disertai hujan yang cukup deras, acara tetap berlangsung seru, interaktif dan komunikatif hingga sore hari. (Sofyan)


Baca juga: Laboratorium Vorstenlanden Ciptakan Film Tentang Sejarah Perkebunan dan Kopi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top