Laboratorium Vorstenlanden Ciptakan Film Tentang Sejarah Perkebunan dan Kopi

Print Friendly and PDF

Pengambilan Footage awal dilakukan bersamaan dengan kegiatan praktikum penelitian sumber sejarah lisan, bagi Mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS semester V. 


Laboratorium Vorstenlanden Ciptakan Film Tentang Sejarah Perkebunan dan Kopi

Boyolali- majalahlarise.com -Berkampanye tentang sejarah bisa dilakukan dengan bermacam cara, salah satunya dengan sajian film. Berlandaskan hal tersebut Laboratorium Vorstenlanden Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) melahirkan sebuah karya film berjudul Memori Dezentje dan Wirausaha Kopi Nangka. Pengambilan Footage awal dilakukan bersamaan dengan kegiatan praktikum penelitian sumber sejarah lisan, bagi Mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS semester V. Kegiatan ini dilaksanakan di desa perkebunan kopi Banyuanyar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Sabtu pagi (08/10/2022). 

Koordinator dalam pembuatan film, Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si., ditemui di lokasi shooting mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang perkebunan Vorstenlanden pada masyarakat umum. “Pembuatan film ini menjadi penting sebagai media pembelajaran sejarah dan informasi bagi pengembangan industri pariwisata di wilayah Surakarta dan sekitarnya yang dulu merupakan wilayah Vorstenlanden” bebernya. 

Ditambahkan juga oleh Tundjung, film ini akan menceritakan tentang sejarah industri kopi masyarakat terkait dengan memori Yohanes Agustinus Dezentje yang menjadi pengusaha perkebunan di Vorstenlanden era kolonial awal abad ke-19. “Perkebunan Vorstenlanden di wilayah Ampel Boyolali tidak dapat dipisahkan dari sosok Agustinus Dezentje yang menjadi pengusaha Belanda terkaya di Jawa pada waktu itu. Bahkan makam Agustinus Dezentje juga ada di Situs  Kerkhof Ampel Boyolali” imbuhnya. 

Mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS semester V.

Baca juga: Dorong Pengembangan Desa Wisata Gunung Sepikul, Tim PPK ORMAWA Menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pariwisata Kabupaten Sukoharjo

Film dengan mengambil genre dokumenter ini rencananya akan berpusat pada cerita perjalanan Agustinus Dezentje, sepak terjang sejarahnya dibeberkan secara rinci oleh Warin Darsono Dezentje (masih memiliki hubungan darah dengan Agustinus Dezentje). Selain Warin, diundang juga Eko Budi Suroso yang merupakan owner Omah Kopi Ngemplak. Dengan kegiatan ini diharapkan kedepan akan dapat dilanjutkan dengan pembuatan film serupa di wilayah perkebunan lainnya di Vorstenlanden. (Rensi)


Baca juga: DKV ISI Surakarta Gelar Pre Event DKVACT #8 Lewat Mini Exhibition Rebranding Desain UMKM


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top