SMP Negeri 8 Surakarta Ikuti Seminar Online BPSDMD Jawa Tengah

Print Friendly and PDF

Tampilan layar seminar online BPSDMD Jawa Tengah.


SMP Negeri 8 Surakarta Ikuti Seminar Online BPSDMD Jawa Tengah

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. pada hari ini Rabu tanggal 24 Agustus  2022 menugaskan kepada 1 (satu ) orang PNS yang mengampu mata pelajaran Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, Bimbingan dan Konseling, PPPK, CPNS untuk mengikuti seminar online melalui zoom meeting yang diadakan oleh  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Provinsi Jawa Tengah.

Guru yang mengikuti seminar online tersebut antara lain, Sri Suprapti (Guru Bahasa Jawa), Partini, S.Psi (Guru Bimbingan Konseling ), Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia), Sri Supadmi, S.Pd. (PPPK JF). Karena untuk SMP Negeri 8 Surakarta Guru CPNS tidak ada, jadi seminar online untuk CPNS tidak ada yang mengikuti.

Acara seminar online dengan tema “Berkepribadian dalam Kebudayaan Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat ini dimulai pada pukul 08.00-09.00 WIB (registrasi online) oleh Panitia. Dilanjutkan dengan Pembacaan Safety Breafing dan mendengarkan lagu Indonesia Raya, oleh Pembawa Acara, RR. Kusrini Dwi Lestari. Pembacaan doa dilakukan pada pukul 09.15-09.20 WIB yang dipimpin oleh Maryadi dan laporan penyelenggara disampaikan oleh Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si.

Untuk penyampaian materi, paparan pertama adalah perkenalan Moderator Myra Azzahra. Keynote Speaker oleh H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP. pada pukul 09.45 – 10.15 WIB. Dilanjutkan dengan kegiatan paparan dari Direktur Jaringan dan Pembudayaan BPIP oleh Irene Camelyn Sinaga, AP.,M.Pd. menyampaikan materi Menguatkan Kepribadian Berbudaya untuk Menjaga Bhinneka Tunggal Ika. 

Baca juga: Prodi Ilmu Komuniksi Unisri Perkuat Kerjasama dengan DUDI

Paparan berikutnya disampaikan oleh Guru Besar UNY, Prof. Dr.Sutrisno Wibowo, M.Pd. dengan matei budaya Jawa sebagai falsafah hidup generasi milenial. dan paparan diakhiri dari Widyaiswara Ahli Utama, Dr.Dra. Martuti, MM. menyampaikan materi etos kerja milenial untuk mendukung Kebangkitan Indonesia menuju Indonesia Emas. Disampaikan juga bahwa Presiden luncurkan fondasi baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yatu ASN BerAKHLAK yang artinya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaftif, Kolaboratif. Cara berpikir atau cara berperilaku. Kebiasaan yang buruk adalah kunci menuju kegagalan. 

Kebiasaan yang baik adalah kunci menuju kesuksesan. Etos kerja merupakan karakter atau cirri semangat kerja dari seseorang yang bertujuan untuk mengembangkan suatu kelompok atau organisasi. Sikap, kebiasaan, watak, karakter yang harus dimiliki seseorang untuk dapat mengembangkan diri maupun organisasinya. Budaya dan etos kerja sangat berpengaruh terhadap keberhasilan.

Nguri-uri Budaya Jawa Berkepribadian dalam kebudayaan untuk pulih cepat, bangkit lebih kuat menuju Indonesia Emas 2045. Menghadapi perubahan dimaksud hendaknya dihadapi dengan tetap memaknai nilai adiluhung budaya leluhur kita Wulngreh ciptaan dari Pakubuwana IV yaitu gemi (hemat), setiti (teliti), nastiti (tuntas efektif), ngati-ati (tuntas efektif), ngati-ati (berhati-hati/waspada), bekti (mengabdi, loyal), taberi (tekun, ulet dan jujur).

Oleh karena itu, dimulai dari diri kita sendiri untuk nguri-uri budaya Jawa, bagaimana nilai andhap asor dan lembah manah menjadi karakter kita untuk mendukung pembangunan di Jawa Tengah menjadikan Jawa Tengah yang ramah.

Acara berakhir dengan tanya jawab, kesimpulan dan konklusi oleh Moderator. Ditutup pada pukul 13.00 WIB oleh Pembawa Acara RR. Kusrini Dwi Lestari. Seminar online ini disampaikan dalam rangka memperingati HUT ke -72 serta berpartisipasi secara aktif dalam nguri-uri budaya Jawa BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. (Sofyan)

Harapan dari seminar ini agar etos kerja Generasi Milenial dan ASN di Jawa Tengah untuk menjadikan Generasi yang pinter tetapi tetap kuat berkarakter sehingga tidak mudah keblinger untuk mendukung Kebangkitan Indonesia menuju Indonesia Emas.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top