Prodi Ilmu Komuniksi Unisri Perkuat Kerjasama dengan DUDI

Print Friendly and PDF

Focus Discussion Group (FGD) Prodi Ilmu Komunikasi Unisri dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Prodi Ilmu Komuniksi Unisri Perkuat Kerjasama dengan DUDI

Solo- majalahlarise.com -Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Focus Discussion Group (FGD), bertempat di Swiss-Belinn Hotel Saripetojo Solo dengan beberapa mitra DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dari bidang jurnalistik dan penyiaran. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan rekanan antara lain Visinema Pictures, PT Aksara Solopos (Solo Pos), PT Televisi Terang Abadi (TATV), Liputan Massal Picture (CV. Zaza Mediakarya), dan PT Radio Rama Metta (Metta FM). 

Sebelum memulai diskusi para mitra dari Dunia Usaha dan Dunia Industri tersebut mempresentasikan materi yang terkait dengan dunia penyiaran dan jurnalistik serta kaitannya dengan magang mahasiswa. Sebab tujuan utama dari diadakannya diskusi ini adalah membahas Program Magang Mahasiswa MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang merupakan salah satu kegiatan dari PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi. 

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Dra. Nurnawati Hindra Hastuti, M.Si., dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada semua mitra yang telah hadir pada kesempatan ini. “Saya selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi sangat berterimakasih atas hadirnya Bapak Ibu pada FGD ini. Sebab hadirnya Bapak Ibu di sini menjadi awal suksesnya kegiatan Program Magang Mahasiswa MBKM ini” paparnya.

Baca juga: Wujud MoA ISI Surakarta Dukung Lomba Mural Tingkat Nasional di Desa Wisata Sendang Semurup, Juron, Sukoharjo

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Drs. Buddy Riyanto, M.Si dalam sambutannya menjelaskan tentang Program Magang Mahasiswa MBKM. “Program magang ini berbeda dengan magang mahasiswa pada umumnya. Program magang ini dikonversi dengan tujuh matakuliah yang setara dengan 20 SKS dengan durasi magang selama empat bulan. Jadi selama empat bulan mahasiswa fokus magang tanpa ikut kuliah di kampus. Kalau magang yang biasanya mahasiswa seperti berenang di kolam renang, kalau di program magang ini mahasiswa seperti berenang di samudera,” jelasnya.

Acara dipandu oleh Dr. Herning Suryo, M.Si sebagai moderator. Dalam diskusi ini Herning Suryo menjadikan diskusi menjadi lebih segar dan jauh dari kata garing sehingga diskusi berjalan asyik meski yang dibahas adalah kegiatan formal. Dalam diskusi ini peserta diskusi terbagi dua kelompok yang terdiri dari para Dosen Ilmu Komunikasi dan perwakilan dari DUDI. Para kelompok diskusi ini saling melempar pertanyaan dan jawaban serta mencari solusi terkait dengan masalah yang dibahas khsusnya terkait dengan program magang mahasiswa MBKM. 

Selain membahas tentang keterampilan yang wajib dimiliki mahasiswa dalam dunia industri. Pada diskusi ini juga membahas pentingnya softskill yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Sebab keterampilan di dunia kerja tidak akan berarti tanpa adanya kemampuan softskill yang baik. Acara ini ditutup dengan penandatanganan surat PKS (Perjanjian Kerjasama) antara kedua belah pihak. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top