SMPN 2 Giritontro Gelar Pemilihan Kang Mas Mbakyu dan Lomba Baca Puisi Pendidikan

Print Friendly and PDF

Pemilihan Kang Mas Mbakyu SMPN 2 Giritontro.

SMPN 2 Giritontro Gelar Pemilihan Kang Mas Mbakyu dan Lomba Baca Puisi Pendidikan 

Wonogiri- majalahlarise.com -Sorak sorai dan tepuk tangan mewarnai aksi lenggak lenggok para peserta peragaan busana adat Kangmas-mbakyu saat melintas di atas karpet merah. Kemeriahan itu merupakan gambaran para siswa yang mengikuti  lomba pemilihan Kangmas-Mbakyu SMP N 2 Giritontro. Sorak sorai serta tingkah yang lucu dan mengundang gelak tawa beberapa kali saat melihat dari peserta yang canggung dan kaku dalam memperagakan busana yang dipakainya. Kurang serasinya busana adat jawa yang dipakai seperti peserta yang sudah rapi tapi masih menggunakan sandal jepit, baju yang kebesaran dan lain sebagainya menjadikan gelaran ini menjadi hiburan tersendiri. Gambaran di atas tentunya bisa dimaklumi karena memang persiapan yang mendadak dan terkesan spontan sehingga persiapan dari mereka tentu juga kurang maksimal.

Aksi para siswa dalam memeriahkan hari pendidikan Nasional ke dan Hari jadi Kabupaten Wonogiri ke-281, Jumat (13/5/2022) di halaman sekolah setempat itu dahului dengan pelaksanaan upacara bendera oleh seluruh peserta dengan memakai pakaian adat kejawen.

Lomba membaca puisi pendidikan.

Baca juga: Halalbihalal FIB UNS, Usung Perenungan Perkokoh Silaturahmi Guna Menuju FIB yang Berprestasi

Upacara yang berlangaung dengan khidmat itu dipimpin langsung oleh kepala sekolah Parman, S.Pd, M.Pd. Dalam amanahnya menyampaikan tentang sejarah pendidikan maupun perkembangan adat dan budaya khususnya di Wonogiri.

Setelah upacara selesai itulah dilanjutkan perlombaan antar kelas. Dalam kesempatan itu Sukatmo, S.Pd, M.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan menyatakan bahwa tujuan digelarnya beberapa perlombaan ini antara lain, untuk mengedukasi siswa tentang sejarah, budaya keberagaman, nasionalisme serta pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa.

"Melalui kegiatan ini diharapkan siswa semakin semangat dalam belajar dan  mencintai tanah kelahirannya," harapnya.

Panitia kegiatan Syarif Aminudin, S.Ag. menyatakan bermacam- macam perlombaan yang digelar antara lain, lomba baca puisi pendidikan, lomba peragaan busana Kangmas-Mbakyu, lomba fotografi dan lomba kebersihan lingkungan kelas (7k).

"Kegiatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan meriah sukses dan lancar. Memang ada beberapa kekurangan seperti persiapan yang mendadak, tetapi secara keseluruhan sudah berjalan lancar dan meriah," tandasnya. 

Untuk perolehan juara dalam kegiata ini antara lain, kegiatan lomba baca puisi juara 1 diraih oleh kelas 8F atas nama Indri Ambar Wati, juara 2 diraih kelas 7 F atas nama Alin, juara 3 diraih oleh kelas 7A atas nama Ferly  Nafisa Cefani. Untuk perlombaan  busana kangmas-mbakyu dan lomba yang lain sampai berita ini ditulis belum ada keterangan yang resmi dari panitia.

Untuk keseluruhan juara nantinya akan diumumkan saat upacara bendera minggun depan dan masing-masing akan diberikan piagam penghargaan," tambahnya.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh Ketua OSIS Jesika Tifani sangat senang karena mendapatkan ilmu baru setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini. 

"Tahun depan kegiatan-kegiatan seperti lebih dimeriahkan lagi dengan mengundang sekolah yang lain khususnya adik-adik yang ada di bangku sekolah dasar," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Peringati Hari Pendidikan Nasional SDN 6 Wonogiri Gelar Festival Permainan Tradisional 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top