Halalbihalal FIB UNS, Usung Perenungan Perkokoh Silaturahmi Guna Menuju FIB yang Berprestasi

Print Friendly and PDF

Suasana Halalbihalal Keluarga Besar FIB UNS Surakarta.

Halalbihalal FIB UNS, Usung Perenungan Perkokoh Silaturahmi Guna Menuju FIB yang Berprestasi

Solo- majalahlarise.com -Atmosfer hari raya Idul Fitri 1443H terbingkai runtun oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan menggelar Halalbihalal Keluarga Besar FIB UNS pada Jumat pagi (13/5/2022) di Ballroom, Gedung Ki Hadjar Dewantara UNS dengan mengangkat tema "Halalbihalal Memperkuat Jalinan Silaturahmi Menuju FIB Lebih Berprestasi". Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah Ust. Sujarno, M.Ag Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Surakarta. 

Sebelum Ikrar Halalbihalal yang dikomandoi oleh Prof. Dr. Djatmika, M.A. (Dosen Program Studi Sastra Inggris UNS), Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M.Hum. dalam sambutannya menekankan untuk bersama merawat tradisi bangsa yaitu silaturahmi. "Sebelumnya secara pribadi saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 H mohon maaf lahir batin, menengok tema halalbihalal pagi ini ada kata yang boleh kita renungkan bersama yaitu silaturahmi. Silaturahmi sangat dianjurkan dalam Islam, karena dari hal itu dipercaya dapat mendatangkan rejeki. Selain itu silaturahmi juga merupakan tradisi budaya Jawa, mari bersama-sama kita dokumentasikan serta rawat bersama niscaya akan lahir peradaban yang lebih indah dan semakin maju," tuturnya.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. senada dengan dekan, beliau mengatakan bahwa bulan syawal merupakan momentum untuk meningkatkan kedisiplinan. "Saya setuju dengan bapak dekan tadi bahwa silaturahmi merupakan tradisi yang menghantarkan kita untuk menjadi pribadi lebih baik. Bulan syawal juga momentum untuk kita meningkatkan kedisiplinan, pelayanan, dan prestasi," ungkapnya. 

Baca juga: Peringati Hari Pendidikan Nasional SDN 6 Wonogiri Gelar Festival Permainan Tradisional

Ceramah halalbihalal menggiring dalam suasana yang lebih hangat disampaikan oleh Ust. Sujarno, beliau menyinggung bahwa dalam silaturahmi kita akan mendapat ketenangan jiwa. "Kita dapat merasakan ketentraman hati dengan menjalin silaturahmi. Mari kita percaya bahwa silaturahmi bathi ora rugi (untung tidak rugi)," lugasnya. 

Ust. Sujarno jelang pungkas ceramah juga mengingatkan para peserta halalbihalal melalui lagu "Jangan Menyerah". "Syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik. Mari bersama kita selalu tanamkan syukur dalam hidup dan melakukan sesuatu secara maksimal," pungkasnya.

Sebanyak kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan universitas, pimpinan fakultas, Direktur Direktorat, Dosen FIB, Tenaga Kependidikan FIB, Purna Karya FIB, Dharma Wanita Persatuan Unsur Pelaksana FIB, dan mahasiswa menghadiri halalbihalal tahun ini. Kegiatan kali ini ditutup dengan prosesi salam-salaman dengan tetap menjaga protokol kesesahatan. (Rensi/Sofyan) 


Baca juga: Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Membuat Karya Dekupase dari Kertas Bekas


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top