Tim KKN-Dik dan PkM-AUM UMS 2022 Selenggarakan Pendampingan Adaptasi Teknologi untuk Siswa dan Guru SMP MUTU Colomadu

Print Friendly and PDF

Pendampingan Adaptasi Teknologi Pendidikan untuk Guru SMP MUTU Colomadu.

Tim KKN-Dik dan PkM-AUM UMS 2022 Selenggarakan Pendampingan Adaptasi Teknologi untuk Siswa dan Guru SMP MUTU Colomadu 

Karanganyar- majalahlarise.com -Tim Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) dan Pengabdian kepada Masyarakat Amal Usaha Muhammadiyah (PKM-AUM) Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan kegiatan pendampingan adaptasi teknologi untuk siswa dan guru di SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. 

Kegiatan tersebut dilakukan pada Senin, 14 Februari 2022 di dua tempat yang berbeda. Pendampingan adaptasi teknologi pendidikan untuk guru dilaksanakan di Gedung SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu sedangkan adaptasi teknologi untuk siswa dilaksanakan di Aula Bolon. 

Kegiatan ini dilatar belakangi pentingnya menerapkan pembelajaran berbasis teknologi di masa sekarang. Oleh karena itu, bapak Dias Aziz Pramudita, S.Pd., M.Cs. selaku pembicara adaptasi teknologi pendidikan bagi guru yang sekaligus Dosen Pendidikan Teknik Informatika FKIP UMS menyampaikan tentang aplikasi-aplikasi yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis teknologi. Selain pembicara, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh ketua PkM-AUM yaitu bapak Dr. Miftakhul Huda, S.Pd., M.Pd. dan DPL KKN-Dik yaitu bapak Pungki Indarto, S.Pd., M.Or. 

Kegiatan Adaptasi Teknologi: Belajar membuat PPT dengan Canva.

Bersamaan dengan itu tim KKN-Dik dan PkM-AUM memberikan pendampingan membuat PPT dengan Canva untuk siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu. Adapun luaran dari kegiatan tersebut yaitu siswa mampu membuat slide PPT yang baik dan menarik. 

Melalui kegiatan pendampingan adaptasi teknologi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam mengimplementasikan IT pada proses pembelajaran. 

Menurut ketua kelompok KKN-Dik, Argi Noor Hidayat, teknologi akan terus berkembang dan memengaruhi berbagai sektor kehidupan termasuk pendidikan sehingga penting bagi kita untuk memiliki keterampilan yang mumpuni untuk mengaplikasikan teknologi itu sendiri. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top