Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Proker RC-UVBN dan TPA

Print Friendly and PDF

Rizki Fadi Laili saat membimbing belajar.


Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Proker RC-UVBN dan TPA

Sragen- majalahlarise.com -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri periode II Tahun 2022 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Rizki Fadi Laili melaksanakan program kerja KKN di Dukuh Bendo Rt. 26 Rw. 00 Desa Gonggangan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Selasa 15 Februari 2022. 

Tema yang diangkat adalah Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 program utama yang dipilih KKN Mandiri adalah pendidikan baik pendidikan agama dan ilmu pengetahuan. Pendidikan agama/ TPA anak-anak dilaksanakan satu minggu enam kali pertemuan, yaitu dihari senin, selasa, rabu, kamis, sabtu, dan minggu. Masuk TPA di laksanakan di sore hari setiap pukul 15.00 sampai pukul 16.00, jumlah peserta terdiri 15 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dimana mereka sedang menempuh Sekolah Dasar kelas 1 dan 2 disemester II. TPA dilaksanakan di masjid Asy Syakirin. 

Dalam TPA ini kegiatan utama adalah melatih anak-anak untuk menulis huruf hijaiyah dan melatih anak-anak untuk melafalkan huruf hijaiyah di dalam iqro dengan benar. Metode yang digunakan yaitu dimana terlebih dahulu mereka membaca surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan membaca syahadat setelah itu membaca arti syahadat dengan bahasa jawa, setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek seperti Al Iklas, An-Nas, dan lain sebagainya. Setelah selesai membaca surat-surat pendek dilanjutkan dengan menulis huruf hujaiyah yang telah dituliskan terlebih dahulu di papan tulis. Jika dianatara mereka sudah selesai menulis huruf hijaiyah maka akan dilanjut dengan maju satu persatu untuk membaca iqro yang sudah mereka tandai halaman terakhir yang mereka sudah baca, setelah selesai membaca iqro diberi nilai pada buku yang sudah disediakan oleh majid. Begitu pula dengan hasil penulisan huruf hijaiyah yang sudah mereka tulis, koreksi penulisan huruf hijaiyah setelah itu memberikan penilaian pada hasil penulisan hijaiyah yang mereka tulis. 

Dengan adanya kegiatan TPA ini membantu para santri semakin semangat untuk belajar Al-Quran dan mengenal agama Islam sejak dini. Mas Nur adalah guru yang mengajar para santri TPA, karena para santri TPA begitu banyak maka peran mahasiswa KKN ini sangat membatu kelancaran kegiatan TPA.

Kegiatan lain selain TPA yaitu RC-UVBN atau Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. RC-UVBN dilakukan di rumah mahasiswa KKN di desa Gonggangan Rt. 26 Rw. 00, kegiatan RC-UVBN ini yaitu berfokus pada pendidikan, yang dilakukan dengan bimbingan belajar. Bimbingan belajar dilakukan setiap hari Selasa dan Jumat pukul 16.00 sampai 17.00. RC-UVBN ini dilakukan mahasiswa KKN untuk menetralisir kejenuhan anak-anak SD melakukan pembelajaran daring yang terjadi akibat covid-19. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top