Mahasiswa KKN Univet Ikut Serta Kegiatan Posyandu dan Pembuatan PMT untuk Balita

Print Friendly and PDF

Oktaviana Dita Prasticha saat membantu pelayanan posyandu.


Mahasiswa KKN Univet Ikut Serta Kegiatan Posyandu dan Pembuatan PMT untuk Balita

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo, Oktaviana Dita Prasticha melaksanakan salah satu program kerja dengan ikut serta dalam kegiatan Posyandu dan Membuat PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita di lingkungan desa Ngombol Sari, Palur, Mojolaban, Sukoharjo pada tanggal 14 Februari 2022. 

Kegiatan KKN dibimbing oleh Bapak Galih Pranowo, selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan Posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang di adakan satu bulan sekali di desa Ngombol Sari yang berkaitan dengan kesehatan Ibu Hamil dan Anak. 

Panitia posyandu biasanya membuat makanan tambahan untuk diberikan kepada balita yang datang ke posyandu. Menu dari PMT sendiri sudah dijadwalkan oleh bidan desa setiap bulannya. Makanan tersebut dibuat untuk memberikan gizi tambahan bagi para balita. 

Posyandu ini dilaksanakan guna meningatkan kesehatan ibu hamil dan bayi sejak lahir hingga umur 5 tahun. Kegiatan dilakukan untuk memberikan imunisasi dan vitamin lengkap terhadap bayi sehingga perkembangan bayi dapat dipantau agar tidak ada anak yang mengalami gizi buruk dan masalah perkembangan anak lainnya. Pada posyandu tersebut batita dan balita melakukan cek berat badan, tinggi badan, dan diberi vitamin sesuai arahan dari bidan desa. 

Bidan desa secara rutin memberikan biskuit untuk balita dan ibu hamil. Untuk balita biasanya diberikan saat posyandu beserta dengan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang telah dibuat oleh panitia posyandu sedangkan untuk ibu hamil diberikan ke rumah masing-masing. Pemantauan tumbuh kembang anak sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan anak tersebut dan juga dapat mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. 

"Dengan diadakan kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan anak dan juga ibu hamil di desa Ngombol Sari," terang Oktaviana Dita Prasticha kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top