SMAN 1 Manyaran Menggelar LDK Pengurus OSIS 2021/ 2022

Print Friendly and PDF

Waka kesiswaan, Dwi Murgana, S.Pd saat menyampaikan materi LDK.


SMAN 1 Manyaran Menggelar LDK Pengurus OSIS 2021/ 2022 

Wonogiri- majalahlarise.com -SMAN 1 Manyaran Wonogiri mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) bagi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) masa bhakti 2021/ 2022 mengangkat tema "Menanamkan jiwa anti korupsi dan membentuk karakter pelajar Pancasila" selama dua hari, Kamis-Jumat (27-28/1/2022). 

Kepala SMAN 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si melalui Waka Kesiswaan, Dwi Murgana, S.Pd menyampaikan LDK diikuti 26 siswa pengurus OSIS baru ini dengan tujuan melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri bagi siswa. Selama kegiatan LDK siswa akan dilatih untuk menjadi lebih percaya diri melalui berbagai materi yang disampaikan. Ada kalanya siswa harus menyampaikan presentasi atau berbicara di depan orang banyak. Melatih siswa bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan tepat. 

"Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di sekolah diharap siswa sudah belajar bagaimana nanti harus bekerjasama di dalam sebuah organisasi sehingga nantinya setelah menginjak pada dunia kerja, dia sudah berpengalaman tentang suatu organisasi," ungkapnya.

Siswa pengurus OSIS baru saat menyimak materi LDK yang disampaikan oleh pemateri.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu manfaat dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para siswa adalah untuk memupuk sifat dan jiwa kepemimpinan. siswa yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar akan menjadi generasi penerus dan pemimpin-pemimpin dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Tantangan di masa depan tidak akan menjadi semakin mudah namun semakin berat sehingga diperlukan seorang pemimpin yang tangguh dan kuat. 

"Melalui materi-materi yang diberikan dalam LDK siswa bisa menemukan apa kelebihan yang dimiliki sehingga bisa dioptimalkan sejak dini. Kelebihan dan potensi diri yang dikembangkan sejak awal bisa menjadi bekal kesuksesan  di masa depan," ujarnya.

Adapun materi yang diberikan kepada peserta LDK yaitu Pendidikan Anti Korupsi, Struktur keorganisasian, Ketertiban, Kedisiplinan, Kesopanan, Protokol Kesehatan, Promosi Sekolah, Kurikulum, Sarana dan Prasarana Sekolah.

"Diharapkan setelah dilantik dan menjadi pengurus OSIS kedepannya dapat membawa kemajuan pada SMA Negeri 1 Manyaran, dengan membawa nama besar SMA Negeri 1 Manyaran yang semakin dikenal oleh masyarakat, khususnya terhadap para generasi milenial sekarang ini yang tentu tidak lepas dari kemajuan teknologi, sehingga informasi-informasi yang mereka sampaikan lewat media sosial dapat diterima oleh masyarakat luas umumnya dan para calon siswa baru pada khususnya serta harapannya adalah menjadikan SMA Negeri 1 Manyaran menjadi lebih maju," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Awali Tahun, FSRD ISI Surakarta Sepakati Kerjasama dengan 40 Kepala SMA Swasta se-Kabupaten Gresik, Jawa Timur


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top