Prodi FTV ISI Surakarta Adakan International Film Workshop Dengan Hadirkan Lima Narasumber

Print Friendly and PDF

Program Studi Film dan Televisi Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta menyelenggarakan Workshop Film Internasional.

Prodi FTV ISI Surakarta Adakan International Film Workshop Dengan Hadirkan Lima Narasumber

Solo- majalahlarise.com -Aktivitas riset bidang perfilman  merupakan salah satu proses penting dalam penggalian gagasan serta kecapakan memvisualisasikan makna pesan melalui media film. Riset juga merupakan pengejawantahan bentuk kolaboratif bersama.  Oleh karena itu  insan perfilman mulai dari mahasiswa film dan televisi, guru dan dosen serta pemerhati film  secara umum diharapkan dapat bekerja-sama secara intelektual. 

Workshop ini dirancang bagi dosen dan mahasiswa S1 sebagai ruang belajar mandiri yang menghadirkan profesional film dari Badan Perfilman Indonesia, Universitas Nottingham, Institut Max Planck Jerman, sutradara Indonesia yang telah menerima penghargaan internasional, dan sutradara profesional fotografi. 

Institut Seni Indonesia Surakarta, dalam hal ini  Program Studi Film dan Televisi Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta menyelenggarakan Workshop Film Internasional dengan mengambil  tema Research in Filmmaking.  

Kegiatan berskala internasional rencananya diselenggarakan selama 4 hari yaitu dari 2 - 6 November 2021 dengan mengambil format hybrid yaitu kombinasi antara online dan offline.  Acara online menggunakan ruang virtual yang detail akan menyusul sedangkan acara offline berlangsung di Laboratorium Sosial, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Film dan Televisi di desa Karang, kecamatan Karang Pandan Karanganyar, Jawa Tengah. 

Menurut Donie Fadjar Kurniawan, selaku sie publikasi menjelaskan bahwa workshop ini juga mempertemukan akademisi dari Vrije Universiteit Amsterdam, Masterpiece Institute of the Arts Brunei, ISI Surakarta, Jogja Film Academy, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan ISI Padang Panjang. 

Selain itu juga ada, sesi pendampingan yang dihadiri oleh para profesional di bidang penulisan naskah, penyutradaraan, produksi, kamera, artistik, dan tata suara. 

Lima narasumber antara lain, yaitu Dag Yngvesson selaku filmmaker dan Assistant Professor at the University of Nottingham Malaysia, Tito Imanda, selaku anthropolog filmmaker dan  Head of Research & Development of the Indonesian Film Board, Rosalia Namsai Engchuan, sebagai filmmaker dan anthropologis dan Institute Max Planck, Jerman, Kamila Andini, sebagai director film peraih  international awards, dan Sri Nugroho, selaku professional director of photography. (Sofyan)


Baca juga: Peringatan Ulang Tahun 1 Dekade Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, Raih Beragam Prestasi Nasional dan Internasional



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top