Penggiat Literasi Digital Kabupaten Wonogiri Usung Acara "Sinau Bareng Makin Gayeng"

Print Friendly and PDF

Camat Eromoko, Danang Erawanto (tengah) foto bersama saat kegiatan Sinau Bareng.


Penggiat Literasi Digital Kabupaten Wonogiri Usung Acara "Sinau Bareng Makin Gayeng"

Wonogiri- majalahlarise.com -Bertempat di Hutan Pinus Pasekan, Kecamatan Eromoko, Pandu Digital Indonesia bersama Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan "Sinau Bareng" dengan mengambil tema Optimalisasi Kamera Android, Sabtu (20/11/2021). 

Kegiatan yang diprakarsai oleh tiga orang Pandu Digital area Wonogiri Selatan (Dwi, Santo, dan Difa) ini diikuti oleh anggota Gradasi dan masyarakat umum. Persiapan kegiatan dibantu oleh jajaran pemuda pengelola wisata hutan pinus Pasekan. Penyelenggara memilih tempat di alam terbuka yang merupakan  potensi wisata alam yang ada guna pemaksimalan program kerja pandu digital di 3 sektor pemberdayaan yaitu Pariwisata, UMKM dan pendidikan. 

Dalam kegiatan "Sinau Bareng", seluruh peserta mempraktikkan langsung pengoptimalan fitur yang terdapat dalam kamera smartphone milik mereka masing-masing. Teknik pengambilan foto produk ataupun jasa menjadi satu pembahasan yang mampu membangkitkan antusiasme peserta yang kebanyakan merupakan pelaku usaha. Dalam kesempatan tersebut, peserta yang pernah mengikuti acara lain bertema serupa juga ikut berbagi ilmu kepada peserta lainnya.

Peserta dan Pandu Digital Indonesia bersama Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kabupaten Wonogiri saat foto bersama.


"Kami, selaku Pandu, mendapatkan banyak materi dari Training of Trainer (ToT) untuk pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang, hanya saja belum bisa diaplikasikan secara optimal karena selama pandemi hanya menerima materi secara daring," ungkap Santo, salah satu inisiator acara asal Kecamatan Baturetno. 

Lebih lanjut, pria penyandang Badge Merah Pandu Digital sekaligus pencinta fotografi tersebut menyampaikan melalui kegiatan semacam ini, harapannya bisa meningkatkan kemampuan para Pandu untuk mentransfer ilmu terkait dunia digital, minimal kepada rekan-rekan sejawat agar nantinya bisa diaplikasikan saat melakukan pendampingan kepada masyarakat.

Ketua Gradasi DPC Kabupaten Wonogiri, Sukesti Nuswantari menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin sebagai sarana optimalisasi diri.

Camat Eromoko, Danang Erawanto, mendukung penuh kegiatan tersebut. Kegiatan ('Sinau Bareng') sangat positif, melihat pemanfaatan handphone dan media sosial oleh anak muda sekarang yang memprihatinkan.

"Selama ini aplikasi yang diunduh sebatas hiburan, media sosial hanya digunakan untuk mendapatkan teman yang menarik, tidak dimanfaatkan untuk mengasah potensi dan kreativitas mereka di dunia nyata," Danang menyampaikan keprihatinannya saat di temui di lokasi acara. 

"Sudah menjadi tugas kita, termasuk kami dari sisi pemerintah setempat, untuk memahamkan pada anak dan remaja tentang makna ‘Dunia dalam Genggaman’. Memahamkan pada mereka untuk cerdas memanfaatkan teknologi dan bijak dalam bermedia," pungkasnya. (DF/Sofyan)


Baca juga: Tiga Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNIVET Sabet 3 Emas dan 1 Perak di Ajang PON dan Peparnas XVI Papua




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top