KKN Univet 2021, Edukasi Pemasaran Online Pada UMKM

Print Friendly and PDF

Desi Romadhoni saat menjelaskan cara jitu pemasaran online.

KKN Univet 2021, Edukasi Cara Jitu Pemasaran Online Pada UMKM

Sukoharjo- majalahlarise.com -Salah satu mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Desi Romadhoni dari Fakultas Ekonomi, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kepada salah satu warga Curidan yang terkena dampak Covid-19, yang bertema "Cara Jitu Pemasaran Online" dengan salah satu warga yang memiliki UMKM yang bernama Ibu Nana warga RT.01/ RW.07. Desa Parangjoro. Curidan, Grogol, Sukoharjo. Minggu, 5 September 2021. 

Di saat Pandemi seperti ini menurunnya penghasilan sangat dirasakan para pelaku UMKM, dan kurang luasnya pemasaran produk juga menjadi halangan bagi para pelaku UMKM. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah menyebabkan aktivitas fisik masyarakat menjadi terbatas, dan beralih pada pemasaran online.  Oleh karena itu, penerapan digital marketing terhadap produk usaha menjadi sangat penting untuk dilakukan. Namun, yang menjadi permasalahan adalah tidak semua pelaku UMKM memahami penerapan pemasaran digital sebagai sarana menyebarluaskan produk usahanya. Mayoritas dari mereka masih menggunakan metode penjualan konvensional. 

"Setelah saya wawancara dengan Bu Nana ternayata kendala dialami adalah menurunnya orderan seperti cod dari konsumen, dan kesulitan dalam memasarkan produk  kepada warga sekitar, soal bahasa yang digunakan, karena maklum Bu Nana sendiri adalah orang pendatang dari Jawa barat, jadi buat bahasa sehari saat bicara dengan warga sekitar kurang paham," ujar Desi Romadhoni.

Lebih lanjut dikatakan Desi, setelah  memahami permasalah yang dialami Bu Nana langsung membuat program untuk menstabilkan perekonomian pelaku UMKM warga Curidan.

"Dengan saya berfokus pada cara jitu pemasaran online, karena di zaman sekarang banyak pasar online dan sifat masyarakat yang konsumtif dan hampir memiliki androit bisa meningkatkan omzet pelaku UMKM," terangnya.

Desi Romadhoni melakukan sosialisasi yang dimulai dari menguatkan mental pelaku  UMKM  agar tidak down disaat pandemi ini dilanjutkan pembahasan apa itu  pasar online, dan cara membuat akun bisnis, dan ide pengemasan yang menarik, pelatihan pembuatan poster dan konten dalam rangka pemasaran digital.

Pengetahuan bahasa tidak menjadi kendala untuk memasarkan produk, asalkan kita mau belajar dan ramah sama lingkungan sekitar dan memanfaatkan media sosial akan bisa teratasi.

"Tak terasa sudah empat jam berbincang dengan mahasiswi Univet dan langsung akrab dan saya sangat terbantu sekali dengan materi yang diberikan kepada saya dan membuat mental saya semakin kuat saat menghadapi pandemi ini, satu kata buat mbak Desi semoga semakin sukses kedepannya dan terwujudkan cita-citanya," ujar Bu Nana. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top