KKN Univet 2021, Pelatihan Pembuatan Video Kreatif Kepada UMKM Dusun Tawang

Print Friendly and PDF

Azis Alpauzji saat memberi pelatihan pembuatan video kreatif.

KKN Univet 2021, Pelatihan Pembuatan Video Kreatif Kepada UMKM Dusun Tawang

Wonogiri- majalahlarise.com -Azis Alpauzji (21) Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021. Program kerja pada kesempatan ini yaitu pelatihan pembuatan video kreatif kepada UMKM khususnya di Yuli Aufa Cake yang terlaksana pada Senin, 31 Agustus  2021 dan  Selasa, 31 Agustus  2021.

Program kerja tersebut sangat bermanfaat mengingat pelaku UMKM harus mempromosikan produknya ke masyarakat. Agar mudah dikenal masyarakat luas dapat menggunakan berbagai macam sosial media. 

Disadari atau tidak, social media sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat. Setidaknya dalam sehari sekali, kita mengakses social media. Di social media masyarakat dapat berinteraksi satu sama lain tanpa harus terhalang jarak. Bisa dikatakan social media menjadi tempat berkumpul virtual bagi masyarakat.

Pelatihan Pembuatan Video Kreatif untuk Social Media merupakan pelatihan pembuatan video melalui handphone dengan aplikasi Kinemaster. Hanya dengan handphone dapat membuat video kreatif dengan mudah dan praktis. Pelatihan pembuatan video kreatif  bertujuan untuk membuat para pemilik produk merasa mudah, dan praktis dalam membuat video sehingga semakin meningkatkan promosi yang menarik di akun social media dengan masyarakat virtual (netizen). 

Dalam kesempatan tersebut, saya menggelar diskusi dan pelatihan pembuatan video kreatif menggunakan aplikasi Kinemaster secara langsung kepada pemilik usaha. Sekalipun kegiatan pelatihan digelar offline atau melalui tatap muka langsung, namun tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes). Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelum membuat sebuah video. Pengeditan foto dimulai dari cara mengatur kecerahan gambar, kontras, dan efek-efek lainnya. Sehingga foto yang akan di masukkan ke dalam video sudah memiliki kualitas yang baik. Selanjutnya, pemilik usaha diajarkan cara-cara sederhana membuat video promosi, dari mulai membuat alur video dilanjutkan membuat opening video, menyisipkan foto, pemberian efek transisi, memasukkan teks, dan memasukkan backsound dan yang terakhir proses penyimpanan video yang sudah jadi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi ini melalui media sosial. Karena media sosial saat ini berkembang sangat pesat, jika di gunakan sebaik mungkin akan membuahkan hasil yang maksimal. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top