Prodi D3 Rekam Medis dan InfoKes Univet, Kembali Selenggarakan Try Out UKOM Nasional Berbasis CBT

Print Friendly and PDF

Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Nasional berbasis CBT Profesi Rekam Medis Tahap 2.


Prodi D3 Rekam Medis dan InfoKes Univet, Kembali Selenggarakan Try Out UKOM Nasional Berbasis CBT

Sukoharjo- majalahlarise.com -Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo kembali menyelenggarakan Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Nasional berbasis CBT Profesi Rekam Medis Tahap 2 yang dilaksanakan mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Sabtu (29/5/2021).

Panitia pelaksana, Arifatun Nissa menyampaikan aturan teknis terkait pelaksanaan UKOM mahasiswa bidang kesehatan sudah diatur dalam Permenristekdikti RI No.12 Tahun 2016 sebagai turunan dari UU No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. Oleh karena itu, APTIRMIKI menyelenggarakan Try Out UKOM tahun 2021 ini sebagai salah satu persiapan mengikuti UKOM Nasional melalui skema exit exam.

Lebih lanjut dikatakan, Try Out UKOM dilaksanakan dengan System Computer Based Test (CBT) dengan jumlah 180 butir soal dalam 180 menit. Prodi RMIK Univet Bantara melaksanakan Try Out UKOM di Laboratorium Komputer Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Laboratorium komputer Universitas, dengan jumlah peserta mencapai 31 orang yang meliputi 22 mahasiswa semester VI, 6 alumni dan 3 peserta dari luar institusi (3 peserta dari UGM).


Baca juga: Unisri Gelar Wisuda Sarjana S1 Angkatan ke-70 dan Wisuda S2 Angkatan ke-31

"Pada H-1 pelaksanaan kegiatan yaitu Jum'at 28 Mei 2021 pukul 13.00 WIB - selesai, para peserta TO UKOM diberikan informasi terkait apa saja yang harus disiapkan dan dipatuhi selama pelaksanaan kegiatan esok, terutama berkaitan alur prosedur kedatangan peserta ke lokasi TO UKOM serta kewajiban peserta menggunakan masker, faceshield dan handscoon," paparnya.

Disampaikan pula, tahun ini Try Out UKOM tahap 2 yang dilaksanakan di Universitas Veteran Bangun Nusantara hanya 1 sesi  yaitu hari sabtu 29 Mei 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Tempat pelaksanaan TO UKOM dibagi menjadi 3 ruang ujian untuk tetap menjaga protokol kesehatan peserta dan pengawas. Ruang ujian 1 berada di laboratorium komputer FKM dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang Sedangkan ruang ujian 2 untuk 10 peserta dan ruang ujian 3 berada di laboratorium komputer universitas sejumlah 11 orang. Dalam setiap ruang ujian terdiri dari 2 pengawas dan petugas prokes.

"Setiap ruang peserta ujian sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia agar tetap menjaga protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak antar peserta selama pelaksanaan kegiatan," katanya.


Baca juga: Pramuka SMPN 3 Surakarta Adakan Latihan Gabungan dengan Pramuli Kwarcab Kota Surakarta

Peserta Baru Try Out dapat mendaftar melalui http://toukom.aptirmik.or.id Peserta yang telah terdata pada try out sebelumnya bisa mengubah lokasi ujian, sesuai instruksi dari institusi masing-masing. Memantau status data pada sistem pendaftaran try out.
Try out ini diselenggarakan atas kerja sama antara Asosisasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (APTIRMIKI) dengan Prodi RMIK Univet Bantara.

Dalam kegiatan TO UKOM tahap 2 ini Mahasiswa sangat antusias, Fakultas juga memfasilitasi kami dengan baik, Kaprodi, Seluruh Dosen dan Tendik RMIK juga memberikan support dengan baik.

"Kami sangat senang karena dalam pelaksanaan Try Out UKOM tahap 2 kali ini, kami jadi tahu seberapa kemampuan kami untuk nanti persiapan UKOM yang sesungguhnya karena memang sebentar lagi kami akan segera lulus dan menghadapi UKOM” ungkap Vina Istiqomah salah satu mahasiswa RMIK semester 6. (Sofyan)


Baca juga: Persiapkan PTM, SD Muh. PK Kottabarat Surakarta Undang Elly Risman



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top