PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI MASA PANDEMI COVID-19 (PROJECT-BASED BLENDED LEARNING)

Print Friendly and PDF

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI MASA PANDEMI COVID-19 (PROJECT-BASED BLENDED LEARNING)

Oleh: Kusumandari, S.Pd., M.Pd

Guru SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo, Jawa Tengah


Kusumandari, S.Pd, M.Pd


       Pada abad 21, dalam era yang serba canggih dan mutakhir, pendidikan telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Pendidikan dapat menjadi sarana individu supaya dapat terhindarkan dari kebodohan maka dari itu Pemerintah telah mewajibkan warga negaranya untuk memperoleh hak pendidikan selama 12 tahun dan disarankan lebih dari itu. Secara sederhana, Semakin tinggi pendidikan maka akan semakin tinggi pula pengetahuan yang akan didapatkan. Sedangkan menurut Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara, mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak supaya mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

       Proses pembelajaran harus terus berjalan meskipun pada masa pandemi covid-19 seperti yang sekarang sedang kita alami bersama. Berdasarkan studi kasus, wawancara dan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak kendala dalam pembelajaran dengan system full daring. Kendala yang di hadapi oleh murid SMK Bhakti Putra Bangsa antara lain; gadget yang kurang mendukung, sinyal yang tidak stabil dan quota yang terlalu boros karena digunakan berjam jam untuk pembelajaran menggunakan zoom ataupun gmeet. Oleh sebab itu SMK Bhakti Putra Bangsa menerapkan strategi pembelajaran yang baru untuk membantu siswa dalam belajar dan pengajar bisa menyampaikan materinya, yaitu dengan Blended Learning, yang merupakan penggabungan pengajaran tatap muka dengan pengajaran daring. 

Terdapat 12 jenis blended learning yang disesuaikan dengan kondisi pandemi yaitu:

1. Station Rotation Blended Learning

2. Lab Rotation Blended Learning

3. Remote Blended Learning

4. Flex Blended Learning

5. The ‘Flipped Classroom” Blended Learning

6. Individual Rotation Blended Learning

7. Project-Based Blended Learning

8. Self-Directed Blended Learning

9. Blended Learning Inside-Out

10. Outside-In Blended Learning

11. Supplemental Blended Learning

12. Mastery-Based Blended Learning

       Bahasa Inggris merupakan salah satu Pelajaran Muatan Nasional atau wajib yang di dapatkan murid di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pelajaran Bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang mudah bahkan sering dijadikan momok murid ketika menghadapi ujian. Materi pelajaran Bahasa Inggris yang beraneka ragam memfokuskan kebermanfaatannya secara kontekstual agar murid bisa mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mempelajari berbagai literatur tentang blended learning dan berbagai jenis blended learning khususnya dalam pelajaran Bahasa Inggris mencoba menggunakan Project-Based Blended Learning. Metode ini juga cukup dikenal sejak pandemi, dimana siswa akan diminta untuk merancang, mengulang, dan menyelesaikan tugas pembelajaran dalam bentuk projek yang dikerjakan baik  individu maupun kelompok, siswa akan diminta menggunakan sumber-sumber terpercaya untuk mendukung pembelajaran dengan projek ini. 

       Berkolaborasi dengan rekan sejawat lintas mata pelajaran bapak ibu guru di SMK Bhakti Putra Bangsa bekerja sama secara berkesinambungan menciptakan pembelajaran berbasis proyek yang bermanfaat dan bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Bekerja sama dengan guru produktif jurusan keperawatan menggabungkan 2 mata pelajaran mengajarkan materi teks prosedur murid dengan tema how to wash a hand kemudian disosialisasikan dengan keluarga inti dirumah. Laporan kepada guru produktif keperawatan berupa foto dokumentasi dan jurnal sosialisasi cara mencuci tangan dengan benar. Sedangkan bekerja sama dengan guru produktif jurusan farmasi menggabungkan 2 mata pelajaran mengajarkan materi teks prosedur murid dengan tema how to make hand sanitizer. Laporan kepada guru produktif farmasi berupa foto dokumentasi dan jurnal sosialisasi cara membuat hand sanitizer dengan alat dan bahan yang mudah di dapatkan di rumah murid. 

       Penerapan model Project-Based Blended Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang berkolaborasi dengan guru produktif di era pandemi ini ternyata dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar murid. Pembelajaran yang kontekstual juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan murid di rumah masing-masing.


References 

Grace. (2019, September 15). Mengenal Lebih dalam Istilah Blended Learning. Retrieved from Binus: https://binus.ac.id/knowledge/2019/09/mengenal-lebih-dalam-mengenal-blended-learning/

Sevima, A. (2020, June 9). 12 Jenis Blended Learning dan Contoh Penerapannya. Retrieved from Sevima: https://sevima.com/jenis-blended-learning/



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top