Mahasiswa PPG Univet Bantara Berhasil Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Software Ispring di SD Negeri Palur 02

Print Friendly and PDF

Mahasiswa PPG Univet Bantara Sukoharjo saat memberi pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan software Ispring kepada guru SD Negeri Palur 02.


Mahasiswa PPG Univet Bantara Berhasil Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Software Ispring di SD Negeri Palur 02


Sukoharjo- majalahlarise.com -Kelompok mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo berhasil melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Software Ispring di SD Negeri Palur 02, Sukoharjo. Kelompok yang terdiri dari Bintaria Nugraha, Astari Restu Ramadhan, Astri Wulandari, Arvika Fitriastuti, Alfi Nur Jannah, Annissya Nuraini Rahmawati, Anisa Eka Indriyani, Adiana Septianica, dan Dian Permatasari ini mengadakan pelatihan dari tanggal 30 April hingga 3 Mei 2024.

Ketua Kelompok mahasiswa PPG, Arvika Fitriastuti menyampaikan pelatihan diikuti oleh 20 peserta meliputi guru dan staf SD Negeri Palur 02. Selaku pemateri Astari Restu Ramadhan yang dilaksanakan secara luring pada hari pertama dan dilanjutkan dengan pendampingan daring selama tiga hari berikutnya. 


Baca juga: Majelis Pendidikan PDM Solo Gelar Workshop Kurikulum Ismuba 

Kepala SD Negeri Palur 02, Asri Suparmi, S.Pd., memberikan izin pelaksanaan kegiatan tersebut meskipun tidak dapat hadir karena menghadiri rapat mendadak. Pelatihan diwakili oleh Sadino, S.Pd., M.Pd., sebagai perwakilan dari sekolah menyampaikan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Hari pertama pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. Dalam sesi ini, para peserta sangat antusias dalam mempelajari cara membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Ispring. Mereka berhasil mengembangkan aplikasi media pembelajaran yang dapat digunakan di kelas, didaftarkan hak ciptanya, dan diunggah sebagai bukti karya pada program Merdeka Mengajar.

Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan yang dibimbing oleh Dr. Singgih Subiyantoro, S.Pd., M.Pd. "Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi pendidikan, sekaligus memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa PPG dalam melaksanakan proyek yang bermanfaat bagi komunitas pendidikan," terang Dr. Singgih Subiyantoro.

Sementara itu, salah satu mahasiswa PPG Univet Bantara, Bintaria Nugraha menyampaikan selesainya pelatihan ini diharapkan para guru di SD Negeri Palur 02 dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar, serta mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 

"Mahasiswa PPG Univet Bantara juga merasa bangga telah berhasil melaksanakan kegiatan ini dan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan," tuturnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top