DEM FKIP dan HMPS PGSD Unisri Solo Gelar Education Berkarya 2024

Print Friendly and PDF

Penampilan Finalis Unjuk Bakat Mahasiswa.


DEM FKIP dan HMPS PGSD Unisri Solo Gelar Education Berkarya 2024

Solo- majalahlarise.com -DEM FKIP dan HMPS PGSD UNISRI menggelar Education Berkarya (EDUKARYA) bertempat di Auditorium Universitas Slamet Riyadi. Education Berkarya yang diadakan pada hari Jumat - Sabtu (17-18 /05 / 2024). Kegiatan ini bertema “Paradigma Merdeka Belajar Sebagai Landasan Inovasi Pendidikan dan Kreativitas Seni Milenial”.

Education Berkarya (EDUKARYA) mengadakan Lomba Mewarnai untuk kelas 1-3 SD Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan DIY, Lomba Unjuk Bakat Sekolah Dasar untuk kelas 4-6 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan DIY, Lomba Desain Poster untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum Tingkat Nasional/se-Indonesia, dan Lomba Unjuk Bakat Mahasiswa Tingkat Nasional/se-Indonesia.

Pada hari Jumat, 17/05/2024 Education Berkarya (EDUKARYA) menggelar Lomba Unjuk Bakat Mahasiswa yang diikuti oleh 10 finalis dan Galeri Poster diikuti oleh 79 karya peserta. Lomba Unjuk Bakat Mahasiswa bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat dan minat para peserta mendapatkan pemahaman baru ataupun dapat memperkuat etos kerja dan kreativitas yang dimiliki setiap individu dan memperkenalkan lebih jauh tentang bakat dan minat khususnya untuk mahasiswa. Galeri poster menampilkan seluruh karya poster yang mendaftar, dan memberikan kesempatan kepada seluruh pengunjung untuk memilih poster mana yang menjadi juara favorit.

Panitia saat foto bersama dengan peserta.

Baca juga: Urun Rembug Masalah Uang Kuliah Tunggal di Perguruan Tinggi: Beranikah Rektor Menggratiskan Pendidikan di Perguruan Tinggi?

Ketua DEM FKIP Alexander Okia Gifta dalam sambutan menyampaikan selamat menikmati dan meresapi rangkaian Edukarya Tahun 2024. "Semoga niat dan langkah baik kita ini akan selalu mendapat restu dari Tuhan Yang Maha Esa," tuturnya.

Wakil Rektor Bidang III atau yang mewakili yaitu Kris Agung, S.Kom., M.Kom. memberikan sambutan sekaligus pembuka acara. “Apresiasi untuk kegiatan ini, karena dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik, mahasiswa, dan umum. Untuk membuka acara di pagi hari ini EDUKARYA 2024, saya buka dengan bacaan basmalah," ucapnya.

Pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 Education Berkarya (EDUKARYA) menggelar Lomba Unjuk Bakat Sekolah Dasar yang diikuti oleh 6 finalis, Lomba Mewarnai yang diikuti oleh 27 peserta, dan Pengumuman Lomba Desain Poster yang sudah diselenggarakan secara online.

Tujuan Diadakan Education Berkarya Untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non akademik, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan penting seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan kreativitas. Mereka juga belajar untuk membangun kepercayaan diri, menghadapi kegagalan dengan cara yang positif, dan mengasah keterampilan sosial mereka.

Ketua Umum HMPS PGSD Viera Nur Khalifah dalam sambutan menyampaikan Merdeka belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya peserta didik dapat memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa. 

"Diperlombaan Unjuk Bakat SD, peserta bebas mengekspresikan segala bakatnya. Merdeka belajar berkaitan juga dengan P5 yang dimana salah satu dimensinya terdapat kreatif, peserta bebas mengekspresikan kreativitas imajinasi dalam hal pewarnaan pada lomba mewarnai," ujarnya.

Selain itu Dekan Fakultas FKIP UNISRI Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd., M.H. memberikan sambutan sekaligus penutup acara. “Harapannya dari seluruh kegiatan kategori lomba ini, menghasilkan bibit unggul yang luar biasa dan menjadi bagian dari generasi penerus bangsa Indonesia. Dengan mengucap Hamdalah bersama-sama, Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin maka kegiatan EDUKARYA kami nyatakan ditutup," ucapnya. (Sofyan)

Baca juga: Sejak Dini Siswa Dilatih Murajaah dan Shalat Dhuha


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top