Sarasati Community FIB UNS Surakarta Gelar Sekolah Kepenulisan 2024

Print Friendly and PDF

Dosen Prodi Sastra Indonesia, Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. saat memaparkan materi bertajuk “Kiat Menulis Artikel Ilmiah: Dari Ide Hingga Publikasi”.


Sarasati Community FIB UNS Surakarta Gelar Sekolah Kepenulisan 2024

Solo- majalahlarise.com -Sarasati Community FIB mengadakan Sekolah Kepenulisan dengan menggandeng Dosen Prodi Sastra Indonesia, Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. sebagai pengisi materi. Bertajuk “Kiat Menulis Artikel Ilmiah: Dari Ide Hingga Publikasi”, Sekolah Kepenulisan diwarnai antusiasme peserta dari FIB maupun dari fakultas lain. Sabtu, 27 April 2024 di Gedung 1 Ruang 104 FIB UNS. 

Acara ini bertujuan untuk memberi wadah bagi seluruh mahasiswa untuk mempelajari bagaimana proses awal menulis dari mulai pembentukan ide hingga publikasi artikel ilmiah. Kiat-kiat dalam kepenulisan juga menjadi poin penting dalam penyampaian materi di acara tersebut.

Dalam pemaparannya, Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. menekankan bahwasannya ide dapat diperoleh dari mana saja. Bagaimana ide tersebut perlu diikat juga menjadi dasar bagi seseorang untuk menulis. Jika ide tersebut tidak diikat, maka selamanya ide hanya akan menjadi ide. 

“Ide itu dapat diperoleh dari manapun. Ketika ide itu terlintas, segera tuliskan. Setelah ditulis lalu endapkan dulu. Baru kemudian tulis kembali,” tuturnya.

Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. juga menambahkan materi mengenai pembuatan karya tulis ilmiah dari mulai struktur kepenulisan hingga referensi jurnal. Selain itu, ia juga turut membagikan hadiah bagi para peserta yang berani bertanya. Hadiah yang diberikan berupa buku dan coklat membuat banyak peserta yang antusias bertanya. 

Pada akhir pemaparan materi, para peserta diberikan kesempatan untuk membuat artikel ilmiah yang nantinya akan mendapatkan ulasan secara langsung oleh Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta Sekolah Kepenulisan 2024. (Sofyan)

Baca juga: Tim Pengabdian THP Univet Bantara Laksanakan PKM di SMK Negeri 3 Sukoharjo



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top