ANTER PESAN Penguatan Karakter Murid SMP Negeri 2 Giriwoyo melalui Pesantren Ramadhan

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Negeri 2 Giriwoyo mengikuti kegiatan khotmil Qur’an saat pesantren Ramadhan.


ANTER PESAN Penguatan Karakter melalui Pesantren Ramadhan di SMP Negeri 2 Giriwoyo

Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam upaya penguatan karakter bagi murid SMP Negeri 2 Giriwoyo pada bulan Ramadhan ini tetap dilakukan kegiatan TUKAR SIBUSI setiap harinya di pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran. Puncak kegiatan saat bulan Ramadhan ini dengan diadakan pesantren Ramadhan bertajuk ANTER PESAN, penguatan karakter melalui pesantren Ramadhan. 

Kepala SMP Negeri 2 Giriwoyo Sri Purwaningsih Trisnowati, S. Pd.,M.Pd memaparkan kegiatan pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di SMPN 2 Giriwoyo bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan memperbaiki kualitas diri, pembiasaan budaya positif yang dilakukan dapat terus memotivasi semua murid untuk penguatan karakternya.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd., M.Pd. dilanjutkan pemberian materi-materi keagamaan meliputi pelaksanaan sholat Dhuha, materi Fiqih puasa, Fiqih sholat, dan akhlaq yang disampaikan oleh bapak ibu guru SMP Negeri 2 Giriwoyo. Pada kegiatan pesantren Ramadhan hari berikutnya diadakan acara khotmil Qur’an.

Baca juga: Silaturahmi dengan Kanjeng Gusti Bhre, Pemuda Muhammadiyah Solo Bahas Kerja Sama Ekonomi dan Budaya

"Teknis pelaksanaan khotmil Qur'an Sebelumnya masing-masing kelas mendapat tugas bagian juz yang harus dibaca. Acara khotmil Qur’an diawali dengan membaca secara bersama-sama surat Adh Dhuha sampai surat An Nas. Dimeriahkan juga dengan penampilan tim hadroh SMP Negeri 2 Giriwoyo yang membawakan qosidah dan sholawat," jelas Sunarto, S.Pd selaku Waka Kesiswaan.

Acara diakhiri dengan tausiyah oleh Arif Budi Purwanto yang menyampaikan pentingnya membaca dan mempelajari Al Qur’an. Kegiatan Khotmil Quran ini sebenarnya menjadi agenda bulanan sebagai hasil pembiasaan budaya positif Jumanji atau jumat mengaji.

Pada hari terakhir, diadakan lomba kultum antar kelas dan kegiatan peduli anak yatim piatu. 

Harjanto, S.Pd., M.PdI. selaku guru PAI berharap dengan berakhirnya kegiatan pesantren Ramadhan ini akan dapat menumbuhkan karakter yang baik bagi murid, karakter yang berjiwa sosial dan empati tinggi. (Syarif)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top