Kemandirian dalam Berkarya Bisa Jadi Modal Usaha

Print Friendly and PDF

Sofyan Yuli Antonius 


Kemandirian dalam Berkarya Bisa Jadi Modal Usaha

Wonogiri- majalahlarise.com -Semua manusia memenuhi kebutuhan untuk kelangsungan hidup. Berbagai upaya dan usaha dilakukannya. Mereka menjalankan aktivitas dari pagi hingga malam hari. Dalam usaha dan upaya tersebut haruslah didasari jiwa kemandirian. Terlebih memiliki jiwa kemandirian itu cerminan dari seorang wirausaha. Pendapat itu disampaikan Sofyan Yuli Antonius selaku pemerhati UMKM terkait topik kemandirian dalam berkarya bagi pelaku usaha. Minggu (21/4/2024).

"Kemandirian itu berupa rasa keyakinan diri mampu membawa diri sendiri ke arah perubahan lebih baik lagi. Kemandirian bukan berarti tidak membutuhkan orang lain akan tetapi kemandirian itu diartikan lebih percaya diri dengan kemampuan dan potensi diri sendiri dalam pengembangan usaha tanpa melupakan orang lain," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Sofyan, sebagai pelaku usaha sikap kemandirian ini dapat diwujudkan dalam semua bidang usaha. "Untuk menjadi mandiri dibutuhkan proses dan keberanian dalam melangkah. Keberanian dalam mengambil resiko yang terukur dan dianggap mampu mengatasi segala permasalahan," ungkapnya.

Disampaikan pula, sebagai orang yang menekuni suatu usaha dibutuhkan kemampuan diri dan konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini seperti diungkapkan Triton PB dalam bukunya Panduan Sikap dan Perilaku Entrepreneurship yaitu kunci sukses sebagai pengusaha ada ditangan kita sendiri. Bukan di tangan orang tua kita, bos kita atau pun orang lain.

"Menurut Triton PB, mentalitas pengusaha dapat dibentuk dengan mengubah mindset kita, mengubah pola pikir kita, sebagai manusia dewasa, kita punya otoritas penuh memilih untuk terus menjadi orang yang bisa atau mau menjadi wirausaha sukses," jelasnya. (Yuan)

Baca juga: Kenalkan Seni Rupa, Komunikotavisual Ajak Siswa SD Negeri Bromantakan Surakarta Menggambar Massal Kenang RA Kartini


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top