Tim DKV FSRD ISI Surakarta Dampingi Implementasi P5 SMA Negeri 1 Wonogiri Lewat Aksi Mural

Print Friendly and PDF

Tim DKV FSRD ISI Surakarta saat foto bersama kepala SMAN 1 Wonogiri, Drs. Susilo Joko Raharjo, M.Pd.


Tim DKV FSRD ISI Surakarta Dampingi Implementasi P5 SMA Negeri 1 Wonogiri Lewat Aksi Mural


Wonogiri- majalahlarise.com -Aksi mural massal ini sebagai bagian dari kegiatan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya dengan salah satunya berkarya seni lewat mural secara kelompok.

Aksi kreatif ini didampingi oleh tim dosen yang berjumlah 6 (enam) dan dibantu 12 (dua belas) mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. Sebagai pemateri mural yakni Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn dan Ditya Fajar Rizkizha, S.Sn., M.Sn., sedangkan materi promosi yang akan dilaksanakan hari Rabu, 6 Maret 2024 oleh Rendya Adi Kurniawan, M.Sn, Harun Rosyid Ridlo, M.Sn, dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds.

Tembok yang berukuran 2x3 meter menjadi media berekspresi bagi 432 siswa kelas X tahun pelajaran 2023/2024 SMA N I Wonogiri tampak antusias mendengarkan materi sekaligus saat proses berkarya mural. Tampak Marsya Sofi Aurelia, salah satu siswa kelas X-L dengan semangatnya dibawah terik sinar matahari tidak menyurutkan untuk terlibat aksi kreatif lewat goresan kuas di tembok pagar sekolah bersama teman satu kelompoknya.

Tim dosen dan mahasiswa ini mendampingi siswa kelas X selama dua hari dalam menuangkan gagasan dan ekspresi melalui media, dimana semua proses kegiatan P5 ini akan digelar sebagai puncak acara yang bertajuk Gelar Karya P5 dengan sub tema "Art of Mural & Mensana Incorporesano" dan "Kewirausahaan Berkarakter" yang diselenggarakan di lapangan terbuka SMA Negeri I Wonogiri pada Kamis, 7 Maret 2024.

Kreativitas Seni Mural menggunakan media tembok yang berada di sekitar lingkungan sekolah di kawasan Giripurwo, Wonogiri kota


Baca juga: Mahasiswa IIM Surakarta Gelar Aksi Menolak Info Kampus Sering Mendadak dan Kebijakan Sepihak

P5 yang mengambil tema Bangunlah Jiwa Raganya dengan sub tema Kesegaran Jasmani dan Kreativitas Seni Mural ini menggunakan media tembok yang berada di sekitar lingkungan sekolah di kawasan Giripurwo, Wonogiri kota ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari yakni Selasa-Maret, 5-6 Maret 2024.

Menurut Ipung Kurniawan Yunianto salah satu pemateri dan dosen DKV FSRD ISI Surakarta dalam rilis yang dikirim menyatakan kegiatan ini juga bermanfaat untuk menambah pengalaman mahasiswa, serta dapat menerapkan materi perkuliahan kepada siswa SMA. "Selain juga sebagai media sosialisasi dan promosi bagi ISI Surakarta, khususnya bagi Prodi DKV," lanjutnya.

Sedangkan menurut Drs. Susilo Joko Raharjo, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri I Wonogiri menyatakan sangat  mengapresiasi pendampingan dari Tim dosen dan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta melalui program kegiatan P5 yang menambah bobot dan muatan kegiatan P5 yang dilakukan siswa.

"Banyak inspirasi dan ilmu yang didapat siswa melalui kegiatan berkarya lewat mural ini, semoga kerja sama yang terjalin dapat dikembangkan di masa mendatang dalam berbagai bentuk kegiatan," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Raih Tujuh Medali OlympicAD 2024



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top