Sosialisasikan SNPMB dan Prodi Baru, ISI Solo Undang 100 Guru SMA/MA/SMK Soloraya

Print Friendly and PDF

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Surakarta tahun 2024


Sosialisasikan SNPMB dan Prodi Baru, ISI Solo Undang 100 Guru SMA/MA/SMK Soloraya


Solo- majalahlarise.com -Untuk lebih siap dalam menghadapi masa Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024, baik melalui jalur SNBP (Prestasi), SNBT-UTBK (Tes Berbasis Komputer) dan selanjutnya melalui jalur mandiri, diharapkan melalui guru pembimbingnya, siswa sudah benar-benar memiliki gambaran yang lengkap tentang karakter program studi yang akan dipilihnya. Apa yang akan dipelajari, peluang dan tantangan di masa depan ketika melakukan pendaftaran yang semuanya dilakukan secara online. Untuk itu ISI Solo (Institut Seni Indonesia Surakarta) mengundang 100 SMA/SMK/MA se Solo Raya untuk menugaskan Guru Bimbingan dan Konseling untuk mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Surakarta tahun 2024 baik secara luring maupun daring bagi siswa yang diselenggarakan di Ballroom 1, The Sunan Hotel Surakarta, pada tanggal 29 Februari dan 20-21 Maret 2024. 

Saat ini ISI Solo mempunyai 2 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Seni Pertunjukan yang memiliki 6 Program Studi yakni, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Tari, Etnomusikologi, Teater, dan Koreografi Inkuiri yang merupakan Program Studi Baru pada Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Solo dan menjadi satu-satunya program studi koreografi di Indonesia. Koreografi Inkuiri secara spesifik adalah studi tentang tari yang mendasarkan pada pengetahuan, riset, dan isu dalam wacana lokal maupun global.

Sementara Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki 12 Program Studi yaitu, Kriya, Seni Murni, Desain Interior , Desain Komunikasi Visual, Film dan Televisi, Fotografi, Desain Mode Batik, Senjata Tradisional Keris, Selanjutnya merupakan program studi baru di FSRD adalah program studi Animasi, Seni Intermedia yang mempraktikkan kerja seni sebagai proses interdisipliner yang tidak lagi mengacu pada konsep-konsep konvensional tentang medium seni rupa, khususnya dalam paradigma fine art  dan yang terakhir adalah Desain Produk Industri. 


Baca juga: Instruksikan Gerakan Jamaah dan Dakwah Terjemah Al Qur’an di Ramadhan

Dalam sambutannya Rektor ISI Solo, Dr I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum. menyampaikan bahwa ISI Solo sebagai salah satu Perguruan Tinggi Seni Negeri yang mendapat mandat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia  sebagai penjaga, pelestari seni tradisi dan bertanggung jawab dalam pengembangannya hingga kini terus bertransformasi memasuki usia ke 60 di tahun 2024 ini. ISI Solo memiliki dosen yang bereputasi Nasional maupun Internasional, sudah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di seluruh Nusantara.

Setelah empat prodi baru yang tahun ini sudah siap menerima mahasiswa baru, selanjutnya tinggal menunggu SK prodi Destinasi Pariwisata, Tata Kelola Seni, dan D4 Produksi Film dan Televisi juga beberapa program studi lain yang disiapkan dalam kaitannya untuk memperkaya khasanah keilmuan seni di Indonesia.

"ISI Solo memiliki prodi keris satu satunya prodi yang ada di dunia, salah satu mahasiswinya sudah menjadi ahli pembuat dan kurator keris, berprestasi berpameran di 7 negara. Dipersilahkan apabila para guru mengajak siswanya untuk lebih mengenal Kampus ISi SOlo, mengapresiasi seni, melihat proses dan hasil pembelajaran di kampus kita. Saat ini ISI Solo juga terpilih kembali menjadi tempat pelaksanaan UTBK tahun 2024, silahkan dimanfaatkan untuk sambil lebih mengenal lingkungan kampus ISI Solo." pungkasnya.

FGD ini menghadirkan Dr. Hj. Ismaini, M.Si., selaku Koordinator Panitia Humas dan Promosi SNPMB, disampaikan bahwa Sosialisasi SNMPB 2024 bisa diikuti oleh kelas XI maupun kelas X untuk bisa lebih mempersiapkan diri dan langkah langkah yang harus dilaksanakan dalam menentukan program studi pilihannya. Calon mahasiswa baru perlu juga dibekali tentang strategi agar apa yang dipilih sesuai dengan minta bakat dan kemampuan serta bisa melihat dengan jeli peluang yang ada dalam membuat pilihan. Untuk anak usia SMA, SMK, MA selayaknya sudah bisa menentukan sendiri pilihannya. Guru dan Orangtua berperan memberikan dorongan agar anak memilih untuk terus studi lanjut dan membantu memberikan arahan atas banyaknya pilihan perguruan tinggi di berbagai kota atau propinsi yang bisa menjadi pilihannya. 

Apalagi untuk program studi khusus seperti prodi seni dan olahraga memerlukan perlakuan khusus dalam pola seleksinya dengan memberlakukan adanya pembuatan portofolio yang mempunyai bobot nilai mencapai 50 persen. Program Studi Seni adalah program Studi yang unik, apalagi bagi anak yang sudah punya minat dan bakat di bidang seni, agar guru bisa memberikan motivasi dalam mempersiapkan pembuatan portofolionya. 

Perguruan tinggi turut serta dalam menentukan masa depan anak, Dengan mencari informasi sebanyak banyaknya tentukan sesuai minat dan kemampuan. Panduan pendaftaran UTBK hanya terdiri 5 langkah, Yang terlebih dahulu harus dipersiapkan adalah pilihan program studi. data dukung lain juga dipersiapkan. untuk pilihan prodi seni dan olahraga mempersiapkan portofolio yang mempunyai bobot penilaian 50:50. selain nilai tes tpa dan literasi, kerjakan portofolio sesuai petunjuknya jangan dikurangi dan ditambah tambahi. Perguruan tinggi sudah punya etalase, memperkenalkan program studi unggulannya masing masing untuk melihat potensi masa depannya, dipersilahkan untuk mengikuti akun medsos perguruan tinggi pilihan yang bereputasi, Saat ini bisa juga dilihat di akun Resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB BPPP).(Anton/ Sofyan)

Baca juga: Kemeriahan Buka Puasa Bersama Kelas 1 SD Muhammadiyah PK Banyudono 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top