Ceramah Ramadhan, Keutamaan Sholat Bagi Umat Islam

Print Friendly and PDF

Ustad Waloyo saat menyampaikan ceramah Ramadhan.


Ceramah Ramadhan, Keutamaan Sholat Bagi Umat Islam

Wonogiri- majalahlarise.com -Ibadah sholat merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat Islam. Sholat memiliki keutamaan yaitu ibadah yang pertama kali dihisab atau perhitungan amal manusia kelak di Akhirat. Selain itu sholat merupakan intisari dari ibadah dan doa kepada Allah SWT. 

Hal tersebut disampaikan ustad Waloyo dalam ceramah usai sholat Isya dan Terawih berjamaah di masjid Al Barokah dusun Gunungan Manyaran, Sabtu malam (16/3/2024).

"Ketika kita melaksanakan sholat dan paham makna bacaan di dalamnya yang terkandung doa kepada Allah SWT maka sholat semakin khusuk," ujarnya.

Lebih lanjut ustad Waloyo mengatakan melaksanakan Sholat merupakan perintah langsung dari Allah SWT ketika nabi Muhammad SAW dipanggil ke Sidratul Muntaha. Sehingga sholat merupakan ibadah wajib dikerjakan dalam situasi dan kondisi apapun.

"Keadaan sehat maupun sakit tetap wajib melaksanakan sholat. Keadaan mati juga disholatkan. Ini berbeda dengan ibadah lainnya," jelasnya.

Dikatakan ustad Waloyo, sholat merupakan rukun Islam yang menjadi tiang agama. Jika umat Islam tidak melaksanakan sholat ibarat runtuhnya agama Islam. Selain itu sholat juga membedakan antara orang beragama Islam dengan orang kafir.

"Jika sholat ditinggalkan maka Islam lepas dari diri kita, maka pembeda antara orang Islam dengan orang kafir itu adalah sholat. Sholat kunci juga sebagai pembuka amal-amal yang lain," tuturnya.

Sebelum berakhirnya ceramah, ustad Waloyo mengajak jamaah untuk  senantiasa menjaga ibadah sholat. (Sofyan)

Baca juga: Univet Bantara Gelar Pengajian Akbar Ramadhan Peduli Palestina Hadirkan Mohammed Ahed Abu Younis Hafizahullah


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top