SMP Negeri 1 Paranggupito Gelar Panen Karya P5, Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal

Print Friendly and PDF

Siswa saat menampilkan karya budaya melalui tari kreasi maupun klasik.


SMP Negeri 1 Paranggupito Gelar Panen Karya P5, Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal

Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 1 Paranggupito menggelar kegiatan Panen Karya P5 yang mengambil tema “Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal” untuk menumbuhkan kreativitas para siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Panen Karya P5 itu menampilkan hasil karya dari para siswa yang dikemas dalam sebuah pameran di halaman SMP Negeri 1 Paranggupito, Sabtu (24/2/2024).

Kepala Sekolah SMPN 1 Paranggupito, Assani Nugroho, S.Pd,.M.Pd dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini dalam menampilkan karya dari para siswa yang menggambarkan jiwa kewirausahaan siswa melalui produksi makanan. 

“Kegiatan hari ini dalam rangka panen karya dengan tema Kewirausahaan berbasis Kearifan Lokal. Ini merupakan produk dari P5 yang dibuat sesuai dengan kreatifitas dari siswa dalam upaya sekolah menumbuhkan jiwa kewirausahaan para siswa ,” terangnya.

Karya dari para siswa yang menggambarkan jiwa kewirausahaan melalui produksi makanan. 

Baca juga: Mabit SD Muhammadiyah PK Banyudono, Berprestasi dengan Menjunjung Tinggi Adab dan Akhlaq Mulia

Lanjut Assani Nugroho, kegiatan Panen karya P5 ini, untuk menumbuhkan kemandirian siswa dalam berkarya dan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini juga sebagai implementasi dari program kurikulum merdeka belajar.

Koordinator P5 SMP Negeri 1 Paranggupito  Tutik, S.Pd menuturkan kearifan lokal dipahami sebagai bagian dari budaya dalam kehidupan masyarakat yang tidak terpisah dari kebiasaan masyarakat itu sendiri, juga diharapkan bermanfaat kedepannya, lanjutnya.

"Produk yang dihasilkan berbeda-beda, untuk kelas 8 yaitu eksplorasi laut. Diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta siswa terhadap budaya lokal di Paranggupito. Sementara kelas 7 mengangkat berbagai budaya melalui tari kreasi maupun klasik yang bisa mengangkat budaya lokal," ujarnya. (Syarif)

Baca juga: Analisis Wacana Kritis Era Digital untuk Multigenerasi NKRI


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top