Penguatan dan Pengembangan Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) sebagai Rumah Kedua untuk Bersilaturahmi dan Berliterasi dengan Ratulisa Sepanjang Masa

Print Friendly and PDF

Penguatan dan Pengembangan Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) sebagai Rumah Kedua untuk Bersilaturahmi dan Berliterasi dengan Ratulisa Sepanjang Masa


Oleh: Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS, Ketua Umum ADOBSI, & Penggiat LIterasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M Rohmadi Ratulisa


Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.


"Kawan, bergerak dan menggerakkan seluruh kompetensi hardskill dan softskill untuk membuka ruang kesemestaan berpikir dan berkarya merupakan kemuliaan untuk terus bersilaturahmi dan berliterasi dengan Ratulisa (rajin menulis & membaca) sepanjang masa"


       Dosen-dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang tergabung dalam ADOBSI memiliki ruang untuk terus meningkatkan, menguatkan, dan mengembangkan kompetensi hardskill dan softskill dalam berbagai konteks kehidupan. Hal ini dalam rangka penguatan dan pengembangan keluarga besar ADOBSI untuk dapat mendukung kemajuan prodi, fakultas, dan perguruan tinggi (PT) mewujudkan indikator kinerja utama (IKU). Berbagai permasalahan dan tantangan harus terus diidentifikasi dan dicarikan solusi kreatif  secara berkelanjutan, baik secara mandiri maupun berkelompok. Dengan demikian semua dosen yang tergabung dalam Keluarga Besar ADOBSI akan dapat menjadi pemenang dalam pelukan tantangan zaman yang berkelanjutan.

  Kegiatan-kegiatan ADOBSI yang dilaksanakan secara periodik bertujuan untuk memberikan kontribusi peningkatan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, produktif, unggul, dan inspiratif. Oleh karena itu, diperlukan 5B: bersilaturahmi, berkomunikasi, berkolaborasi, beraksi, dan berliterasi dengan Ratulisa. Semangat untuk saling bersilaturahmi, berliterasi dengan Ratulisa, dan berbagai kepada semua dosen yang tergabung dalam keluarga besar ADOBSI tentu akan berdampak sangat baik secara individu dan kelembagaan. Secara individu akan berdampak pada peningkatan kompetensi hardskill dan softskill sehingga karier dosen akan sampai puncak, yakni guru besar yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan inspiratif. Sementara dampak kelembagaan akan dapat meningkatkan standar kualitas luaran program studi, fakultas, dan PT dalam rangka peningkatan mutu kelembagaan secara berkelanjutan.

  ADOBSI sebagai rumah kedua bagi seluruh dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia harus menjadi pusat aneka kegiatan ilmiah dan non ilmiah yang mendukung peningkatan kualitas doesn PBSI dan Sastra Indonesia (SI). Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan akademik formal, seperti: kuliah pakar, seminar nasional, seminar internasional, workshop, diskusi terpimpin, bedah buku, debat materi, berliterasi dengan ratulisa, dan aneka kegiatan akademik lainnya yang mendukung tri darma PT. Kemudian untuk kegiatan-kegiatan akademik non ilmiah dapat dilakukan melalui, silaturahmi dan bermain dengan mengedepankan kebersamaan dan kemitraan yang berkelanjutan. Hal ini dapat dilaksanakan secara periodik, setiap tiga bulan, satu semester, atau satu tahun. Semoga kebersamaan dalam silaturahmi dan berliterasi dengan Ratulisa tersebut akan menjadikan ruang untuk saling kenal, silaturahmi, berbagi ilmu dengan berliterasi dengan Ratulisa, pengalaman, dan kerja kolaboratif bagi keluarga besar ADOBSI di seluruh wilayah NKRI dan luar negeri.

  Kemitraan yang dijalin ADOBSI di dalam dan luar negeri juga harus terus ditingkatkan dan dikembangkan seiring sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman bagi keluarga besar ADOBSI. Hal ini sebagai bentuk peningkatan dan penguatan manajemen dan keluarga besar ADOBSI secara berkelanjutan. Kegiatan-kegiatan kemitraan internasional yang dijalin dengan Yale University, Fatoni University, Thamasat University baik dalam bentuk kuliah BIPA, FGD, visiting lecture, kolaborasi menulis, dan aneka kegiatan lainnya. Salah satu kolaborasi nasional dan internasional yang diadakan di Indonesia, yakni seminar internasional tanggal 1 September 2022 di Hotel Assalam Syariah kota Surakarta. Kegiatan tersebut  kerja sama ADOBSI dengan Jawaharlal Nehru University (JNU), St. Petersburg State University Rusia,  IPTABI, PT MAS ARYA, PBSI FKIP UNS, PBSI FBS UNNES, dan PBSI FBS UNS, serta keluarga besar ADOBSI. Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang harus terus ditingkatkan dan dilanjutkan untuk peningkatan dan penguatan AOBSI jangka pendek, menengah, dan Panjang.

  ADOBSI sebagai rumah kedua harus menjadi tujuan pulang, untuk berdiskusi, berimajinasi, berkolaborasi, beraksi nyata, dan memantik harapan-harapan baik seluruh keluarga besar ADOBSI di dalam dan luar negeri. Titik keseimbangan dalam berbagai kerja dan karya seluruh keluarga besar ADOBSI harus dapat didesiminasikan dan dipromosikan kepada seluruh keluarga besar ADOBSI. Tujuannya agar seluruh keluarga besar ADOBSI, baik yang muda, semenjana, dan senior akan saling mengenal, berbagi, bercerita, dan memantik semangat bersama. Selain itu, juga  untuk bekerja, berkarya, berdaya saing, dan berdaya sanding setiap saat dan setiap waktu dalam berbagai konteks kesemestaan yang menyatu dalam kerinduan tanpa batas di 38 provinsi di NKRI. Komitmen kelembagaan harus terus dipupuk dan dipelihara agar dapat abadi sepanjang masa untuk terus ikut menyinari dunia, seperti bintang, bulan, dan matahari yang menyinari bumi sepanjang hari, baik tampak maupun tidak tampak oleh manusia.

  ADOBSI menjadi pusat silaturahmi dan berliterasi dengan Ratulisa untuk seluruh keluarga besar ADOBSI di dalam dan luar negeri sepanjang masa untuk kemaslahatan umat sepanjang hayat. Banyak hal yang tidak disadari bahwa manusia memiliki kelebihan juga kekurangan. Namun demikian bukan berarti patah semangat dan putus asa yang harus dikedepankan tetapi semangat untuk maju, berbenah, evaluasi diri,  berkembang, berbagi, dan terus menjadi pelita dalam kegelapanlah yang diutamakan. Semangat untuk seluruh keluarga besar ADOBSI di mana pun berada untuk dapat bekerja dan berkarya agar tetap sehat, sukses, maslahat, dan berkah sepanjang masa untuk usia dan kerja nyata. 

       Terima kasih atas semua dukungan dan kebersamaanya untuk semua pengurus ADOBSI pusat, Ketua dan pengurus ADOBSI Provinsi, dan seluruh keluarga besar dan partispan ADOBSI di dalam dan luar negeri. Yakinlah semangat ADOBSI untuk selalu muda, kreatif, luar biasa bukanlah diukur dari usia atau angka tetapi lebih pada titik keseimbangan semangat kebersamaan untuk memiliki ADOBSI, menjaga, merawat, mengembangkan, melanjutkan, dan menginspirasi seluruh multigenerasi NKRI di dalam dan luar negeri dalam berbagai konteks kehidupan. Mohon dimaafkan segala khilaf dan salah selama melayani Bapak dan Ibu keluarga besar ADOBSI tercinta yang selalu tersimpan dalam hati selamanya.


“Kerinduan tanpa batas di ujung senja akan selalu memantik semangat dan kesemestaan jiwa dalam pelukan semesta yang selalau terjaga sepanjang masa tanpa kata dan tanpa sua”


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top