Gerakan Mahasiswa Soloraya Peduli Sesama

Print Friendly and PDF

Puluhan Mahasiswa Soloraya melakukan penggalangan dana kemanusiaan.

Gerakan Mahasiswa Soloraya Peduli Sesama 

Solo- majalahlarise.com -Puluhan Mahasiswa Soloraya melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu korban bencana di Jawa Tengah akhir-akhir ini. Mahasiswa yang ikut serta dari 11 lembaga dan instansi yaitu Mahasiswa Universitas Surakarta, Universitas Aisiyah Surakarta, Universitas Duta Bangsa, Universitas Slamet Riyadi, Universitas Tunas Pembangunan, Institut Teknologi Bisnis AAS, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Forum Mahasiswa Nasional, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said, Pelajar Islam Indonesia dan Mahasiswa Institut Islam Mamba'ul 'ulum Surakarta. Selasa (13/2/2024).

"Kami selaku pengurus BEM KM-IIM Surakarta dan MAHACITA KM-IIM Surakarta sekaligus perwakilan dari Mahasiswa IIM Surakarta, bersama kawan-kawan dari Mahasiswa UNSA, Universitas Aisiyah, UDB, UTP, ITB AAS, UIN RMS, UNISRI, FMN, GMNI dan bahkan kawan-kawan dari PII memulai penggalangan dana untuk korban bencana banjir di Jawa Tengah sejak 11 Februari 2024 secara online, kemudian dilanjut Galang Dana turun ke jalan pada tanggal 13 Februari 2024." ucap Koordinator lapangan aksi penggalangan dana, Rafi Kusuma, Selasa.

Rafi mengatakan, aksi penggalangan dana oleh mahasiswa Soloraya tersebut dibagi menjadi enam titik di Kota Surakarta yaitu Perempatan gemblegan dan Jl Slamet Riyadi Surakarta. Yang dimana dengan 4 titik di perempatan dan dua titik dijalan Slamet Riyadi.

"Pada hari ini total dana yang telah terkumpul sebanyak Rp4.515.000,- dan InsyaAllah akan lebih banyak lagi ke depannya," kata Rafi.

Baca juga: LDK Pengurus OSIS SMPN 1 Manyaran 2023/ 2024, Bekali Karakter Kepemimpinan dan Jurnalistik

Ia melanjutkan, aksi penggalangan dana yang dilakukan itu juga sebagai bentuk rasa solidaritas mahasiswa kepada warga terdampak musibah yang ada di Jawa Tengah. Mahasiswa merasa ada tanggung jawab untuk bisa membantu warga yang sedang terkena musibah.

Ia mengatakan bahwa aksi galang dana ini semata-mata untuk membantu saudara dan warga yang sedang dilanda musibah dan bencana, tanpa adanya tendensi dari pihak manapun dan tanpa ada niatan lain kecuali rasa kepedulian sesama warga masyarakat Indonesia.

"Nantinya dana yang terkumpul akan diserahkan kepada  Lembaga kemanusiaan yang ada di Solo, yaitu Solo Peduli" tuturnya. 

Diakhir kegiatan galang dana, mahasiswa berkumpul di Kampus IIM Surakarta untuk melakukan penghitungan dan istirahat bersama, sesambi beristirahat, mahasiswa saling memberikan semangat untuk sesama aktivis organisasi. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Presiden Mahasiswa dari Kampus UNSA yaitu Saudara Bintang, Universitas Aisiyah yaitu Saudara Agus dan IIM Surakarta yaitu Saudara Rozin Afianto. 

Aksi galang dana turun kejalan ini, sudah menjadi bentuk kesadaran mahasiswa dalam membantu warga terdampak. Sehingga perlunya ajakan dan saling kerjasama antar aliansi mahasiswa untuk bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kedepannya. Harapannya, mahasiswa dari kampus lain, kedepannya bisa ikut bersama peduli sesama dalam aksi galang dana selanjutnya. (Sofyan)

Baca juga: Nguri-Uri Budaya Jawa, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Outing Class di Pasar Gede dan Keraton Solo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top