LDK Pengurus OSIS SMPN 1 Manyaran 2023/ 2024, Bekali Karakter Kepemimpinan dan Jurnalistik

Print Friendly and PDF

Pemateri Sofyan Yuli Antonius, S.Sos saat menyampaikan materi jurnalistik.

LDK Pengurus OSIS SMPN 1 Manyaran 2023/ 2024, Bekali Karakter Kepemimpinan dan Jurnalistik

Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 1 Manyaran memberikan pembekalan kecakapan dalam melaksanakan mengelola organisasi sekolah kepada peserta didik yang tergabung dalam Pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) masa bakti tahun 2023/ 2024 melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari. Senin, Selasa dan Kamis (12, 13, 15/2/2024). 

Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Agus Sumarno, M.Pd menyampaikan siswa dibekali dengan berbagai macam hal diantaranya dasar-dasar kepemimpinan, berorganisasi, jurnalistik, tata krama, Wiyata Mandala, kegiatan penguatan karakter, kegiatan outbound.  "Semua muaranya adalah anak-anak dipersiapkan menjadi generasi emas menuju Indonesia emas tahun 2045," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, siswa yang tergabung dalam pengurus OSIS merupakan siswa pilihan dari setiap kelas memiliki potensi besar untuk bisa maju dan berkembang. Melalui pembekalan yang diberikan sesuai dengan tingkatan usia nantinya mereka bisa membantu kegiatan sekolah yang cukup banyak.

Pengurus OSIS SMPN 1 Manyaran masa bakti 2023/ 2024 saat foto bersama kepala sekolah Agus Sumarno, M.Pd beserta bapak ibu guru.

Baca juga: Nguri-Uri Budaya Jawa, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Outing Class di Pasar Gede dan Keraton Solo

"Anak-anak dikuatkan untuk lebih rajin berliterasi melalui media sosial, melalui pengetahuan, pengalaman dari bapak ibu guru narasumber serta anak-anak dibekali tentang kedisiplinan melalui kegiatan baris-berbaris mendatangkan pelatih bapak Gatot Haryanto dari Kodim selama 2 hari. Senin dan Kamis," paparnya.

Pria yang akrab disapa pak Agus berharap melalui kegiatan LDK ini mempersiapkan peserta didik tergabung dalam kepengurusan OSIS menjadi insan yang cakap, disiplin, mampu menjadi teladan bagi teman-teman yang lain termasuk dalam mengukir prestasi.

Sementara itu, pemateri pembekalan jurnalistik, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (jurnalis dan pengelolaan majalahlarise.com) memaparkan tentang pengertian jurnalistik menurut para ahli, konsep tentang jurnalistik dan pers, jenis media jurnalistik, produk jurnalistik, aktivitas jurnalistik dan proses kerja jurnalistik. 

"Jurnalistik adalah suatu profesi yang mengerjakan kegiatan penyiapan, peliputan, penulisan, penyuntingan, penyampaian dan/atau penyebaran informasi/berita baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia kepada masyarakat, sesegera dan seluas mungkin," paparnya. (Yuan)

Baca juga: Kunjungan Tamu Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Colomadu ke SD Muhammadiyah PK Banyudono


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top