Tim Dosen PKM Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Laksanakan Pengabdian Pelatihan Konten Jurnalistik di Web dan Instagram Bagi Siswa SMKN 1 Pracimantoro

Print Friendly and PDF

Pemateri Dr. Joko Suryono, M.Si saat menyampaikan tentang etika jurnalistik.

Tim Dosen PKM Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Laksanakan Pengabdian Pelatihan Konten Jurnalistik di Web dan Instagram Bagi Siswa SMKN 1 Pracimantoro

Wonogiri- majalahlarise.com -Tim Dosen PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) yaitu Dr. Joko Suryono, M.Si, Dr. Nuryani Tri Rahayu, M.Si, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos melaksanakan PKM berupa pelatihan konten jurnalistik di Web dan Instagram bagi siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro. Bertempat di Function Room sekolah. Selasa (9/1/2024).

Ketua PKM, Dr. Joko Suryono mengatakan kegiatan PKM ini sebagai salah satu wujud implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian. Dalam kegiatan PKM ini terkait ilmu jurnalistik.

Siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro saat mengikuti pelatihan Konten Jurnalistik di Web dan Instagram.

Baca juga: Jaga Ekosistem Alam, Siswa-Siswi Kelas 7 SMP Muhammadiyah PK Solo Tanam Bibit Mangrove

"Tidak bisa dipungkiri saat ini di media digital dan media sosial bidang jurnalistik sangat diberi kemudahan membuat konten lewat media web maupun blog. Sangat mudah menyampaikan pesan-pesan jurnalistik. Berbeda di tahun 90-an sebelum reformasi untuk menyampaikan pesan jurnalistik kepada masyarakat pembaca harus punya investasi sangat besar sampai milyaran," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kemudahan bermedia digital ini dapat dimanfaatkan untuk mengelola web maupun blog yang bisa menghasilkan keuntungan finansial atau disebut wirausaha media. Oleh sebab itulah PKM ini menggunakan konsep wirausaha media.

"Metode pembelajaran berupa ceramah dilanjutkan ada pendampingan praktik kepada siswa bertujuan siswa memahami etika jurnalistik, teknik menulis berita, teknik wawancara, jurnalistik foto dan jurnalistik video," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Pracimantoro Krisdiyanto, S.Pd dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih dan senang hati memberikan ijin kepada Tim PKM melaksanakan pengabdian di sekolah yang dipimpinnya serta kegiatan PKM ini memberikan manfaat besar bagi siswa dan sekolah.

"Kegiatan ini sangat positif bagi Universitas yang mewujudkan Tridharma dan kita memperoleh manfaat banyak tentang pengetahuan, ketrampilan dari bidang keilmuannya," ujarnya.

Pihaknya berpesan kepada siswa peserta PKM untuk mengikuti kegiatan dengan semangat, cermat, senang hati karena ilmu yang diberikan nantinya sangat berguna bagi pengembangan diri maupun karir.

"Lowongan pekerjaan banyak mencari lulusan SMK bidang konten kreator, jurnalistik dan sebagainya. Bahkan anak-anak sekarang cita-cita jadi Youtuber ini karena perubahan zaman," ucapnya.

Dalam pemaparan materi pelatihan, Dr. Joko Suryono menerangkan tentang Etika Jurnalistik, Dr. Nuryani Tri Rahayu, M.Si tentang Teknik Penulisan Berita pada Media Online, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom menjelaskan tentang Teknik Videografi dan Fotografi, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos menyampaikan materi tentang Teknik Wawancara dalam liputan berita. (Yuan)

Baca juga: Unisri Gelar Seminar Proyek Kemanusiaan Keslametriyadian


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top