Kenalkan Budaya Jawa Sejak Dini, TK Pertiwi Eromoko Adakan Lomba Membuat Tumpeng

Print Friendly and PDF

Anak-anak TK Pratiwi Eromoko memperlihatkan hasil menghias tumpeng (foto dok: Windi).


Kenalkan Budaya Jawa Sejak Dini, TK Pertiwi Eromoko Adakan Lomba Membuat Tumpeng

Wonogiri- majalahlarise.com -TK Pertiwi Eromoko mengadakan kegiatan lomba pembuatan tumpeng nasi kuning, kegiatan tersebut berlangsung dengan cukup memuaskan. Anak-anak juga sangat menikmati kegiatan. Senin (15/1/2024).

Para guru TK Pertiwi Eromoko bekerjasama dengan orang tua wali dalam pengolahan nasi tumpeng. Sebelum kegiatan ini berlangsung guru mengadakan rapat dengan wali murid mengenai kegiatan yang akan diprogramkan dalam pembelajaran, para orang tua wali menanggapi dengan positif kegiatan.

Para orang tua wali menyediakan berbagai masakan untuk melengkapi berbagai kondimen yang biasanya terdapat di nasi tumpeng. Guru telah membagi anak-anak menjadi tiga kelompok,  dan orang tua wali juga memasak sesuai dengan ketentuan tiap kelompok sesuai dengan pembagian yang didapat anaknya. 

Pada hari diadakannya lomba menghias tumpeng para Ibu orang tua wali membawa hasil masakan mereka ke TK Pratiwi Eromoko namun tiap masakan belom disusun menjadi tumpeng, dan kegiatan menghias tumpeng tersebut juga dibantu para orang tua wali.

Anak-anak TK Pratiwi Eromoko menampilkan tarian prahu layar disaksikan Camat Eromoko Danang Erawanto (Foto dok : Windi)

Baca juga: Hoki Steak, Tempat Makan Steak Enak dan Terjangkau Rasa Bintang Lima

“Kegiatan ini kami adakan salah satu ide dari adanya P5, tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan pada anak-anak mengenai budaya jawa serta mengajarkan pada mereka untuk mencintai budaya lokal. Mulai dari mengajarkan pada mereka untuk mencintai baju adat misalnya kebaya atau batik, lalu mengajarkan mengenai budaya potong tumpeng, mengajarkan tarian tradisional serta belajar berani menampilkannya di muka umum. Supaya mereka tau dan mencintai budaya lokal di lingkungan sekitar mereka.” ujar Bu Sriyani selaku guru TK Pratiwi Eromoko. 

Kegiatan juga dihadiri oleh Camat Eromoko Danang Erawanto, serta dihadiri beberapa perangkat desa sebagai perwakilan juri. Dari juara satu sampai juara tiga, diambil juara satu sebagai salah satu simbolis diserahkan pada Camat untuk dipotong. Kedatangan Camat dan tamu undangan disambut anak-anak menampilkan tarian tradisional yakni tari jaranan dan prahu layar. 

Camat Danang Erawanto menikmati segala rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir, anak-anak juga merasa senang bisa belajar menghias tumpeng, serta berani menampilkan tarian tradisonal yang disaksikan oleh ibu mereka serta banyak orang lainnya. (Windi)

Baca juga: Medina Snack, Kisah Inspiratif Rintisan Usaha Kuliner yang Sukses Menembus Pasar Hotel



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top