Bikin Batik Ecoprint, Siswa IV SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta Laksanakan Projek P5

Print Friendly and PDF

Siswa saat membuat batik ecoprint.


Bikin Batik Ecoprint, Siswa IV SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta Laksanakan Projek P5

Solo- majalahlarise.com -Sebanyak 108 yang terdiri dari 20 kelompok dari seluruh kelas IV SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya dengan salah satunya membuat batik ecoprint secara kelompok.

Projek P5 ini didampingi oleh semua wali kelas IV dan juga guru mata pelajaran lain yang dilibatkan yaitu Nasrullah Alam Rakhmani, S.Pd dan Annindha Lathifa Riandy Putri, S. Pd, selain itu empat wali kelas yakni Agung Sudarwanto, S.Sn., M.Sn, Dyah Elina Indriyani, S.Pd, Faradila Kustandari, S.Pd dan Sarvita Ika Parwati, S.Pd

Salah satu kelas yang terlihat antusias mengikuti kegiatan yakni kelas 4C yang didampingi oleh Dyah Elina Indriyani, S.Pd ini dimana siswa asyik mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru pendamping mulai menyiapkan kain putih, beragam daun yang bermacam jenis, dan peralatan serta bahan lainnya dilaksanakan Jumat, 26 Januari 2023 di sekolah.

Baca juga: FISIP Unisri Laksanakan Kuliah Kunjungan Institusi ke Jakarta, Ini Rangkaian Kegiatannya

Batik ecoprint ini merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain, kemudian kain tersebut direbus.

Siswa kelas 4C yang terdiri dari 5  kelompok ini tampak antusias bekerjasama mengerjakan mulai dari memukul daun maupun bunga di atas kain putih sampai tahap akhir proses pembuatan batik ecoprint dengan beralaskan lantai kelas diiringi canda tawa. Seperti yang diungkapkan Labib, salah satu siswa yang senang mengikuti membuat batik alami selain mendapat pengalaman baru, juga bisa bisa bekerja sama dengan teman satu kelompok lainnya.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek.

Menurut Dyah Elina Indriyani, S.Pd, selaku wali kelas 4C menjelaskan tujuan Projek P5 ini untuk mengenalkan kegiatan yang bisa bernilai kewirausahaan sesuai tema yang diambil sekolah dengan menggunakan bahan dasar alami.

"Harapan setelah membuat batik ecoprint ini anak-anak bisa mengenal kegiatan yang bisa memanfaatkan bahan alam untuk dibuat sebuah karya yang mempunyai nilai kewirausahaan," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: Bagian Rintisan Riset Sangiran, Dua Dosen Jurusan Desain FSRD ISI Surakarta Ikuti Solo International Visual Art IV


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top