Bagian Rintisan Riset Sangiran, Dua Dosen Jurusan Desain FSRD ISI Surakarta Ikuti Solo International Visual Art IV

Print Friendly and PDF

Dua dosen Jurusan Desain FSRD ISI Surakarta yakni Dr. Ir.. Tri Prasetyo Utomo, M.Sn. (Prodi Desain Interior) dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds (Prodi Desain Komunikasi Visual).


Bagian Rintisan Riset Sangiran, Dua Dosen Jurusan Desain FSRD ISI Surakarta Ikuti Solo International Visual Art IV

Solo- majalahlarise.com -Sebagai rintisan riset terapan melalui kolaborasi lintas bidang ilmu, dua dosen Jurusan Desain FSRD ISI Surakarta yakni Dr. Ir.. Tri Prasetyo Utomo, M.Sn. (Prodi Desain Interior) dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds (Prodi Desain Komunikasi Visual) dengan karya yang mengambil tajuk Tales of Sangiran lewat teknik kolase kertas dan digital print ini lolos seleksi dalam SIVA (Solo International Visual Art) ke IV 2023.

Menurut Tri Prasetyo Utomo dalam rilis yang dikirim menjelaskan karya dari kolaborasi ini pemilihan medium kertas menjadi medium yang penting dan berharga dalam perjalanan sejarah manusia dan diharapkan dari rintisan karya ini menjadi pembuka kolaborasi untuk diajukan dalam riset terapan DRTPM tahun 2024 nantinya.

"Sesuai dengan tema pameran internasional ini yakni Kerja Kertas, maka konsep kolaborasi karya yang diajukan berawal akan perjalanan dari situs Sangiran yang penting bagi pencarian sejarah kehidupan manusia dengan beragam kisah yang sudah dituangkan ke dalam media," ujarnya.

Baca juga: 130 Guru Gugus Kartini Gayamsari Semarang Studi Banding di SD Muhammadiyah PK Banyudono tentang Budaya Sekolah 

Menurutnya, media kertas sebagai salah satu media tertua yang digunakan oleh manusia. Seperti karya dengan medium kertas yang dibentuk bola yang diperlukan diberi visual manusia purba Homo Soloensis menjadi penanda baik medium kertas dan visual manusia purba penting bagi perjalanan manusia baik untuk lampau, hari ini dan esok.

Pameran yang dibuka oleh Dekan FSRD ISI Surakarta, Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum yang diselenggarakan pada 22-29 November 2023 di Galeri Seni Rupa, Kampus II FSRD ISI Surakarta, Jl. Ring Road, Mojosongo ini diikuti sekitar 67 peserta baik dari dalam dan luar negeri diantaranya dari Afghanistan, Jerman, Taiwan, dan Australia ini dengan beragam media yang mayoritas memakai kertas dalam menampilkan karyanya. (Sofyan)

Baca juga: Tim Pengabdian Dosen Teknologi Pendidikan FKIP Univet Beri Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Majalah Populer 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top