Tim Pengabdian Dosen Teknologi Pendidikan FKIP Univet Beri Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Majalah Populer

Print Friendly and PDF

Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd saat menjelaskan penggunaan berbagai tool untuk mempermudah penulisan artikel ilmiah.

Tim Pengabdian Dosen Teknologi Pendidikan FKIP Univet Beri Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Majalah Populer 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Guru SMA Negeri 1 Sukoharjo mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah majalah popular diselenggarakan oleh Tim Pelaksanan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yang diketuai Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd dengan anggota Dr. Ismail, M.Pd dan Syifa Fauziyah, M.Pd. serta menghadirkan pemateri Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Wakil Pimpinan Redaksi Majalah Edukasi dan Pengelola majalahlarise.com). Bertempat di ruang seminar FKIP. Sabtu (27/1/2024)

Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Sri Suwarsih S.Pd, M.Pd dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Univet yang telah memberikan waktunya kepada bapak ibu guru SMA Negeri 1 Sukoharjo untuk mengikuti pelatihan penulisan ilmiah majalah populer. Kegiatan ini sangat bermanfaat secara pribadi dan kedinasan.

"Apa yang disampaikan nanti selain bisa dimanfaatkan secara pribadi bisa didedikasikan disosialisasikan kepada peserta didik di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Pelatihan ini tidak hanya teori tetapi diajarkan cara menulis artikel sehingga mendukung kegiatan literasi," terangnya.

Guru beserta kepala SMAN 1 Sukoharjo saat foto bersama dengan tim Dosen PKM Prodi Teknologi Pendidikan FKIP Univet dan pemateri.

Baca juga: Hik Pinggir Sawah Jetis Pojok, Sukses Meraih Pelanggan dengan Layanan Antar Gratis

Lebih lanjut dikatakan literasi penting tidak hanya kegiatan menyimak membaca menganalisis dan sebagainya tetapi dikembangkan melalui penulisan artikel ilmiah. "Dengan adanya kegiatan kerjasama dengan FKIP Univet ini SMA Negeri 1 Sukoharjo literasi semakin tambah hijau di raport pendidikan, nilainya semakin bertambah," harapnya.

Sementara itu, Ketua tim pengabdian kepada masyarakat sekaligus pemateri, Dr. Singgih Subiyantoro mengatakan pelaksanaan pengabdian dengan mengangkat tema penulisan artikel ilmiah majalah populer bagi guru SMA Negeri 1 Sukoharjo dilatarbelakangi melihat kebutuhan guru saat ini terkait penulisan artikel ilmiah para guru merasa kesulitan maupun takut untuk memulai menulis.

"Pelatihan ini kita gunakan beberapa tool yang bisa membantu para guru mempercepat penulisan karya ilmiah. Dengan tool ini diharapkan dalam satu hari terselesaikan satu artikel ilmiah majalah populer yang nantinya bisa bernilai KUM 1,5 bisa digunakan untuk kenaikan pangkat," jelasnya.

Disampaikan pula, kelanjutan dari pelatihan ini pihaknya melakukan pendampingan secara online selama satu minggu. Para peserta bisa sharing, konsultasi judul maupun tulisan yang telah dibuat.

"Hasil tulisan selain diterbitkan di majalah, kami sangat terbuka dan membuka diri untuk peserta yang menulis di jurnal ilmiah nasional. Kebetulan FKIP mengelola 14 jurnal ilmiah yang siap menampung tulisan bapak ibu guru," ujarnya.

Sementara itu, pemateri Sofyan Yuli Antonius memaparkan tips dan cara menulis artikel ilmiah yang bisa diterbitkan cetak di majalah Edukasi maupun online di majalahlarise.com yang sudah memiliki ISSN. (Yuan)

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Perkuat Profil Lulusan Melalui Baitul Arqam



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top