Tim Mahasiswa Univet Bantara Raih Juara di Ajang Lomba Promosi dan Konten WMK UMS 2023

Print Friendly and PDF

Tim Univet Bantara Sukoharjo dalam ajang lomba WMK UMS 2023.

Tim Mahasiswa Univet Bantara Raih Juara di Ajang Lomba Promosi dan Konten WMK UMS 2023

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara) kembali mengukir prestasi. Kali ini Tim mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang meraih juara di ajang lomba promosi dan lomba konten media sosial. Tim tersebut terdiri dari tiga mahasiswa yaitu Tiara Maharani dan Tiara Alfiani dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Mayis Nur Cahyani dari Program Studi Pendidikan Matematika. Lomba ini merupakan bagian dari pelaksanaan program Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023 (WMK UMS 2023). Dalam lomba tersebut, ketiga mahasiswa meraih juara 3 di lomba promosi dan juara 2 di lomba konten media sosial. 

Tiara Maharani menyampaikan sangat bersyukur dengan raihan prestasi tersebut. Dirinya tidak mengira bisa memperoleh juara 3 di lomba promosi dan juara 2 di lomba konten media sosial. 

“Benar. awalnya kami sama sekali tidak berharap apapun karena melihat postingan video maupun cara promosi dari kelompok lain yang keren banget. Kami lakukan hanya berusaha mengerjakan penugasan secara maksimal,” ungkap Tiara Alfiani.

Tampilan promosi produk Bakso Onthong di media sosial.

Baca juga: Mendisiplinkan Anak, SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Lomba PBB 

Siti Fatimah, S.H., M.H., selaku Ketua UPT Layanan Bimbingan Konseling dan Karier (LBKK) Univet Bantara Sukoharjo sekaligus Koordinator Program Wirausaha Merdeka di tingkat universitas menyampaikan LBKK sebagai pusat karier dan alumni Univet bantara sangat mengapresiasi prestasi tersebut. 

"Semoga pencapaian ini benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa sebagai salah satu bekal untuk menjadi enterpreneur sukses di masa depan," harapnya.

Sementara itu, Salman Faris Insani, S.E., M.M., Dosen Univet Bantara yang bertugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) WMK UMS 2023 mengatakan Tiara Maharani dan kawan-kawan memperoleh juara dengan mempromosikan produk yang mereka hasilkan sendiri di ajang WMK UMS 2023 yaitu bontong yang merupakan singkatan dari Bakso ontong. Ontong sendiri merupakan sebutan untuk sisa bunga pisang yang tidak lagi bisa menghasilkan buah atau biasa dikenal sebagai jantung pisang.

“Awalnya ontong belum banyak dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan seringkali hanya di olah sebagai pakan ternak saja. Ini sangat disayangkan karena sebenarnya ontong mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Munculnya produk bakso ontong ini merupakan bukti nyata dari kreativitas dan inovasi yang telah dihasilkan oleh mahasiswa Univet Bantara,” ungkapnya.

Mayis Nur Cahyani menambahkan dipilihnya jantung pisang memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan seperti protein, fosfor, mineral, kalsium, vitamin B1, vitamin C, serta kandungan serat yang relatif tinggi. "Ini yang memotivasi kami untuk mengolah bahan baku tersebut menjadi meat like product (produk pangan seperti daging) yang dapat dikonsumsi oleh vegetarian maupun masyarakat umum," tuturnya.

Program Wirausaha Merdeka 2023 merupakan bagian dari inisiatif Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh pemerintah. Program ini hadir untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat terhadap dunia wirausaha agar dapat mengikuti program wirausaha unggulan dari perguruan tinggi lainnya.

Program ini juga memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa di bidang wirausaha, memperluas jejaring dan relasi mahasiswa dengan dunia bisnis, serta mendukung visi dan misi perguruan tinggi dalam mencetak lulusan yang berkualitas, kompetitif, dan berjiwa wirausaha. (Sofyan)

Baca juga: Bangun Pemuda Berkeadaban, Pemuda Muhammadiyah Solo Gelar Musyda


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top