IPI Surakarta Adakan Pelatihan Preservasi Fisik Bahan Pustaka dan Digitalisasi Manuskrip

Print Friendly and PDF

Pelatihan Preservasi Fisik Bahan Pustaka dan digitalisasi Manuskrip.

IPI Surakarta Adakan Pelatihan Preservasi Fisik Bahan Pustaka dan Digitalisasi Manuskrip

Solo- majalahlarise.com -Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Surakarta mengadakan pelatihan dengan tema  “Preservasi Bahan Pustaka Berbasis Kemandirian” yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 Desember 2023. Pelatihan ini diadakan secara Hybrid yaitu secara daring dan secara luring di Ruang Werkudoro Lantai 2 UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Narasumber pada kegiatan ini yaitu Dinar Puspita Dewi, S.Sos, M.IP, Pustakawan Madya Universitas Sebelas Maret dan M. Ali Nurhasan Islamy, S.Sos., M.A., Kepala UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta.

Kegiatan ini adalah hasil bentuk kolaborasi antara Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Surakarta, UNS, dan ISI Surakarta. Pelatihan ini diikuti lebih dari 50 peserta dari berbagai kalangan yaitu, pustakawan Universitas, pustakawan sekolah, pengelola perpustakaan kelurahan, masjid dan rumah sakit.

Acara ini diawali dengan pembukaan melalui zoom meeting oleh Sri Anawati sebagai pembawa acara, menyanyikan  lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan Nasional RI dilanjutkan sambutan ketua panitia Bambang Hermanto, S.Pd., M.IP,  dan sambutan ketua IPI Surakarta Sri Utari, S.E., M.A.

Baca juga: Tim Mahasiswa Univet Bantara Raih Juara di Ajang Lomba Promosi dan Konten WMK UMS 2023

Pelatihan dengan tema “Preservasi Bahan Pustaka Berbasis Kemandirian” dibuka secara langsung melalui zoom meeting oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta yang diwakili oleh Sekretaris Kadispersip Dra. Is Purwaningsih, M.Si  sekaligus memberikan kata sambutan pada kegiatan pelatihan tersebut. 

Pemaparan materi pada hari pertama pelatihan disampaikan oleh Dinar Puspita Dewi, tentang “Pelestarian Fisik Bahan Pustaka” dan “Perawatan dan Perbaikan Bahan Perpustakaan”.

Pada hari ke-2 pelatihan, pemaparan materi disampaikan oleh M. Ali Nurhasan Islamy, yaitu tentang “Preservasi Naskah Kuno” dan “Digitalisasi Bahan Perpustakaan” melalui zoom meeting.

Sedangkan kegiatan pelatihan pada hari ke-3 dan ke-4 dilakukan secara luring, yaitu hari ke-3 kegiatan praktek bersama M. Ali Nurhasan Islamy, dan hari ke-4 kegiatan praktek bersama Dinar Puspita Dewi, bertempat di Ruang Werkudoro lantai 2 UPT Perpustakaan UNS. Sebelum kegiatan pelatihan luring pada hari ke-3 dimulai, panitia juga memberikan apresiasi kepada 4 orang peserta pelatihan dengan kategori: peserta terjauh, paling awal datang, tercepat mendaftar dan paling aktif bertanya ketika kegiatan zoom meeting.

Diharapkan dengan adanya Pelatihan secara hybrid dengan tema “Preservasi Bahan Pustaka Berbasis Kemandirian” akan memberikan wawasan, ilmu, keterampilan dan kompetensi bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam melakukan kegiatan preservasi bahan pustaka baik dalam bentuk tercetak maupun elektronik. Sehingga dapat mendorong  pustakawan dan pengelola perpustakaan melakukan inovasi dan kreativitas preservasi bahan pustaka secara mandiri. (Sofyan)

Baca juga: Bangun Pemuda Berkeadaban, Pemuda Muhammadiyah Solo Gelar Musyda


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top