Lolos Abdidaya 2023, Tim PPK Ormawa HIMA DKV ISI Surakarta Angkat UMKM Ecoprint Serengan Surakarta

Print Friendly and PDF

Tim PPK Ormawa HIMA Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta saat visitasi dengan reviewer PPK Ormawa Nasional Ditjen Dikti Ristek, Prof. Dr. Ir. Illah Sailah, M.S.


Lolos Abdidaya 2023, Tim PPK Ormawa HIMA DKV ISI Surakarta Angkat UMKM Ecoprint Serengan Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Sebagai satu-satunya perguruan tinggi seni di Indonesia yang lolos dalam tahap visitasi lapangan PPK Ormawa dari ISI Surakarta diwakili tiga tim yakni tim HIMA Prodi Teater, HIMA Prodi Kriya, dan HIMA Prodi DKV yang akhirnya lolos mengikuti Abdidaya Ormawa 2023.

Raihan prestasi tim PPK Ormawa DKV FSRD ISI Surakarta dalam lolos ikuti Abdidaya Ormawa tahun ini, dimana ajang yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dit. Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Abdidaya Ormawa bertujuan untuk mengapresiasi kinerja mahasiswa pelaksana, organisasi kemahasiswaan, dosen pendamping, dan support system dalam melaksanakan PPK Ormawa.

Tim PPK Ormawa HIMA Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta saat visitasi dengan reviewer PPK Ormawa Nasional Ditjen Dikti Ristek, Prof. Dr. Ir. Illah Sailah, M.S., dimana hasil visitasi yang dilakukan ini sebagai variabel kesiapan dan realisasi PPK Ormawa HIMA DKVISKA yang akan dikompetisikan pada puncak penganugerahan Abdidaya di Universitas Negeri Jember (UNEJ) pada tanggal 7-9 Desember 2023.

Baca juga: SMA Negeri 1 Manyaran Ikut Serta Koordinasi Pendayagunaan TIK Radio Sekolah BPTIK Disdikbud Jawa Tengah

Turut serta, Lurah Serengan Ida Setia Ningsih hadir di lokasi pelaksanaan disambut oleh mahasiswa PPK Ormawa HIMA DKVISKA dan masyarakat. Kunjungan dilakukan pada 10 November 2023 di kelurahan Serengan, Makam Bergolo, tepatnya di rumah Seni dan Budaya Sarudjuk, yang diinisiasi oleh Hardjono, S.Sn.

Visitasi ini bertujuan untuk penetapan Abdidaya atau tahap puncak dalam kegiatan PPK Ormawa sebagai torehan prestasi bersejarah bagi Ormawa DKV yang berkesempatan lolos seleksi penghargaan Abdidaya untuk kali pertama. Dalam kunjungannya, Prof. Dr. Ir. Illah Sailah, M.S. berdiskusi dengan tim mahasiswa dan warga binaan yang terhimpun dalam komunitas kampung batik ecowastra, mengenai pembuatan ecoprint yaitu proses pemotongan kain, membuat ecoprint dengan teknik pounding, proses penguncian kain ecoprint, proses menjahit oleh ibu-ibu kelurahan Serengan, pengelolaan bahan sisa menjadi aksesoris yang siap jual hingga tahapan pemasaran sampai dengan luaran yang dihasilkan oleh Tim PPK Ormawa HIMA DKVISKA yang salah satunya berupa poster, modul, dan produk turunan ecoprint yang dihasilkan serta mengoptimalkan potensi yang bisa dikembangkan.

Menurut Fatika Fajar Priana selaku ketua tim menjelaskan dari visitasi ini, dimana reviewer tampak puas setelah mengunjungi kampung batik ecowastra karena produk yang dihasilkan tidak menghasilkan limbah berbahaya serta dapat diolah kembali sebagai produk turunan yang nilai jual. 

Sedangkan menurut Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn, selaku dosen pendamping menjelaskan dengan pelaksanaan kegiatan pendampingan tim PPK Ormawa HIMA DKVISKA untuk Ecowastra Nusantara kedepannya.

"Semoga mendapatkan pasar yang lebih luas dan menghasilkan produk yang lebih bervariatif serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan produksi tersebut," ujarnya. (Sofyan)

Baca juga: SMA Negeri 1 Wonogiri Selenggarakan Gelar Karya P5 Bhinneka Tunggal Ika dan Kearifan serta Sosialisasi Sekolah Adipangastuti


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top