“Abhimantra” Karya Tari Kontemporer ISI Surakarta Raih Juara III FKI XII di Bali

Print Friendly and PDF

Karya tari dengan judul “Abhimantra”. Mengambil cerita bahwa kejahatan selalu menjadi bayang-bayang setiap manusia. Ketaatan dan kepasrahan, menjadi kekuatan untuk selalu melangkah di setiap perjalanan hidup manusia. 


“Abhimantra” Karya Tari Kontemporer ISI Surakarta Raih Juara III FKI XII di Bali

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa Jurusan Tari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dalam mengikuti Parama Patra Pawimba (Lomba Nasional) Tari Kontemporer FKI XII mempersembahkan karya tari dengan judul “Abhimantra”. Mengambil cerita bahwa kejahatan selalu menjadi bayang-bayang setiap manusia. Ketaatan dan kepasrahan, menjadi kekuatan untuk selalu melangkah di setiap perjalanan hidup manusia. 

Bagus Ardiana semester 9 dan Anastasya Kusuma Wardani semester 7 merupakan mahasiswa Program Studi Tari, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, akhirnya berhasil mendapatkan Juara III dalam Kompetisi Lomba Tari Kontemporer di FKI XII - 2023 dengan tema "Samudra Rakta Samasta" yang diselenggarakan pada tanggal 24-27 Oktober 2023 di ISI Denpasar Bali. 

Lomba Tari kontemporer ini mensyaratkan karya adalah tari duet baik pria-wanita, pria-pria, ataupun wanita-wanita dengan urasi karya tari 10-12 menit dengan iringan musik tari midi atau playback dan merupakan karya tari baru yang belum pernah dipentaskan atau dipublikasikan di media sosial.

Baca juga: Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Unisri Mendorong Percepatan Guru Besar

“Untuk persiapan lomba dimulai sekitar awal bulan Oktober kemarin, dibimbing dosen tari Anggono Kusumo Wibowo dan Bondan Aji Manggala dari dosen etnomusikologi. Komposisi musik dibantu Yuda yedidyah Semimora dari prodi etnomusikologi. Banyak pengalaman baru yang didapat, dan yang pasti bangga dengan pencapaian yang sudah diraih selama mengikuti kegiatan FKI+XII, juga banyak teman baru dan Ilmu yg baru," tutur Ervinta Dyah Pancarini selaku manager produksi.

Festival Kesenian Indonesia (FKI+) XII Tahun 2023 di ISI Denpasar adalah kegiatan 2 tahunan yang diinisiasi oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Seni Indonesia. Tidak hanya melibatkan perguruan tinggi seni di Indonesia, FKI di ISI Denpasar terkhusus menghadirkan perguruan tinggi seni dunia. Secara praktis kegiatan ini akan melibatkan sembilan perguruan tinggi seni di Indonesia, yaitu ISBI Aceh, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung, IKJ Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, STKW Surabaya, ISI Denpasar, ISBI Papua. Tujuh perguruan tinggi dunia, yakni Okinawa Prefectural University of Arts, ASWARA Malaysia, Phetchaburi Rajabhat University, University of Western Australia, Bydgoszcz University of Science and Technology, National University of Singapore, dan Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA). (Humisiska/ Sofyan)

Baca juga: MPKSDI Muhammadiyah Solo Gelar Ideopolitor


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top