Job Edu Fair 2023 SMK Veteran 1 Sukoharjo, Dekatkan Lulusan dengan Industri dan Perguruan Tinggi

Print Friendly and PDF

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Agus Triyanto secara simbolis pemotongan pita tandai pembukaan Job Edu Fair 2023.


Job Edu Fair 2023 SMK Veteran 1 Sukoharjo, Dekatkan Lulusan dengan Industri dan Perguruan Tinggi

Sukoharjo- majalahlarise.com -SMK Veteran 1 Sukoharjo menggelar Job Edu Fair 2023 diikuti peserta dari 22 industri dan 15 perguruan tinggi dan politeknik skala lokal maupun nasional serta stand pameran produk hasil karya siswa. Bertempat di halaman sekolah. Rabu (18/10/2023).

Acara yang dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Agus Triyanto secara simbolis dengan pemotongan pita ini dihadiri Kepala Dispernaker kabupaten Sukoharjo, Kasi SMK, MKKS SMK se-Kabupaten Sukoharjo, Ketua YPPP Veteran Sukoharjo, komite sekolah, tamu undangan dunia usaha dan industri.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Agus Triyanto dalam sambutan pembukaan menyampaikan  pertemuan antara para lulusan dan dunia usaha industri ini menambah wawasan maupun kepercayaan dari Yayasan, komite sekolah, pengawas sekolah, lingkungan masyarakat bahwa alumni SMK Veteran 1 Sukoharjo maupun alumni sekolah lain bisa diterima di perusahaan atau dunia kerja.

Para lulusan saat mengunjungi stand Job Edu Fair 2023 SMK Veteran 1 Sukoharjo.

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Sholat Gaib dan Doa Untuk Kemenangan Palestina

"Ini akan menjadi motivasi buat gerakan SMK di Jawa Tengah, di Cabdin Wilayah 7 khususnya di Sukoharjo," harapnya.

Kepala SMK Veteran 1 Sukoharjo, Malkan Maliya saat ditemui menuturkan kegiatan ini merupakan bagian dari program SMK Pusat Keunggulan tahun 2023 yang bertujuan memfasilitasi keterserapan lulusan SMK dan sebagai upaya mengentaskan pengangguran di wilayah Sukoharjo maupun Karesidenan Surakarta.

"Kita tempatkan di sini agar bisa mencari, rekrutmen karyawan dari lulusan, alumni maupun kelas 12 yang saat ini masih belajar di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Harapannya dunia industri lebih dekat dengan dunia pendidikan SMK," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan tantangan saat ini di dunia kerja bagi SMK yaitu bisa memproses lulusan yang siap pakai. Sehingga SMK Veteran 1 Sukoharjo sudah terjalin dengan industri-industri selalu mengupayakan dari sisi kurikulum, sisi guru magang, guru praktisi, PKL program magang, teaching factory menyiapkan siswa siap kerja yang lulusan sesuai harapan industri.

"Melalui Job Edu Fair ini bersama-sama memberikan wawasan kepada siswa kita, alumni maupun lulusan dari SMK se-kabupaten Sukoharjo," terangnya.

Ketua YPPP Veteran Sukoharjo Bambang Margono mengatakan SMK Veteran 1 Sukoharjo sebagai SMK Pusat Unggulan, Yayasan selalu mendukung dan mengembangkan dengan menambah lahan sekolah yang sekarang lahannya 22.000 m². Selain itu kerjasama dengan berbagai perusahaan harapannya siswa di SMK Veteran 1 Sukoharjo mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang sudah bekerjasama.

"Selain itu, setiap tahun kita menambah program studi keahlian sesuai harapan dan diminati oleh perusahaan diantaranya dari multimedia berubah menjadi broadcasting dan menambah Prodi baru teknik mesin alat berat. Kita siapkan anak-anak menjadi operator alat-alat berat bisa bekerja di dunia pertambangan," ujarnya.

Disampaikan pula, Yayasan mendorong lulusan SMK Veteran dan SMA Veteran untuk bisa kuliah di Universitas Veteran Bantara Sukoharjo dengan uang gedung atau dana pengembangan institusi secara gratis.

Sementara itu, ketua pelaksana SMK Pusat Keunggulan SMK Veteran 1 Sukoharjo, Tri Hariyani, S.Pd menerangkan kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini merupakan komitmen dari program SMK Pusat Keunggulan. Selain itu memberikan wawasan kepada siswa tentang dunia kerja dan memberikan wawasan bagi siswa yang nantinya akan melanjutkan ke perguruan tinggi dengan menghadirkan peserta dari perguruan tinggi yang sudah bermitra dengan SMK Veteran 1 Sukoharjo.

"Sasaran siswa kita nantinya bekerja, melanjutkan sekolah dan berwirausaha. Untuk yang mau bekerja hari ini bisa mendapatkan gambaran tentang dunia kerja dan lowongan pekerjaan. Sedangkan yang ingin melanjutkan mereka mendapatkan gambaran tentang politeknik maupun universitas utamanya di Sukoharjo yaitu Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang merupakan satu Yayasan dari SMK Veteran 1 Sukoharjo," paparnya. (Sofyan)

Baca juga: SMP Muhammadiyah PK Solo Gelar Apel Hari Pangan Sedunia


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top