Dosen UNISRI Mendapatkan Hibah PKM dalam Pengelolaan Sampah di Jalur Tol Soker Wonorejo Karanganyar

Print Friendly and PDF

D. Ririn Indriastuti SE. MSi salah satu anggota pelaksana PKM memberikan pelatihan pembuatan barang-barang bermanfaat dari sampah an organik.


Dosen UNISRI Mendapatkan Hibah PKM dalam Pengelolaan Sampah di Jalur Tol Soker Wonorejo Karanganyar

Solo- majalahlarise.com -Dosen Universitas Slamet Riyadi  (UNISRI) Surakarta mendapatkan Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk pelaksanaan tahun 2023. 

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) itu telah mulai dilaksanakan bulan September 2023 dan sampai saat ini masih berlangsung. Adapun kegiatan itu dilaksanakan melalui pemberdayaan kader Posyandu dalam mengelola sampah di Jalur Tol Soker di desa Wonorejo Kabupaten Karanganyar. 

Pada awal program telah dilakukan sosialisasi tentang rencana kegiatan tersebut terhadap pemangku kepentingan yang ada di RW I Jetak Wonorejo Karanganyar. Setelah itu dilakukan penyuluhan tentang sampah dan juga pengelolaanya. 

Dosen Unisri Surakarta saat foto bersama Kader Posyandu Ibu Sadar 2 RW I Jetak Wonorejo Karanganyar.

Baca juga: Refleksi dan Motivasi di HUT ke-30 SMA Negeri 1 Manyaran

Ketua tim pelaksana, Ir, Kharis Triyono MSi menyampaikan dalam kegiatan PKM ini kepada Kader Posyandu Ibu Sadar 2 (sebagai mitra) juga diberikan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra juga diberikan bantuan alat pembuat kompos (komposter) dan juga bibit-bibit tanaman buah dan sayur untuk ditanam dalam pot. 

Ketua Kader Posyandu Ibu Sadar 2 Nurhidayati selaku mengatakan pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan adalah pembuatan pupuk organik dari sampah organik, juga pupuk cair selain itu juga ada pelatihan pembuatan barang-barang yang bermanfaat yang berasal dari sisa/ limbah an organik untuk dibuat seperti tas, tempat tissue, vas bunga dll. Kader posyandu semakin senang karena juga dilatih menanam buah dan sayur dalam pot sekaligus diberi sarana dan prasarana seperti pot/ polibag juga bibit alpokat, anggur, cabe, terung juga tomat. 

Sugiyanto tokoh Masyarakat di RW I Jetak Wonorejo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh dosen UNISRI dan mengharapkan agar ibu-ibu Kader posyandu dan ibu-ibu PKK di Rw I Jetak Wonorejo mampu menjaga lingkungannya menjadi bersih dan asri dengan banyaknya tanaman buah dan sayur yang ada di RW I. (Sofyan)

Baca juga: Beragam Produk Eco Print Hasil Binaan PPK ORMAWA HIMA DKV ISI Surakarta Dipajang Event Makam Bergola Fair di Serengan, Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top