Unisri Kenalkan e-Skripsi Kepada Mahasiswa

Print Friendly and PDF

200 mahasiswa FKIP Unisri semester 7 mengikuti sosialisasi terkait kebijakan e-skripsi dan pembekalan magang.


Unisri Kenalkan e-Skripsi Kepada Mahasiswa

Solo- majalahlarise.com -Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (FKIP Unisri) Surakarta mensosialisasi e-Skripsi dan pembekalan PLP2 di Gedung B ruang Seminar lantai lll, Jumat (1/9/2023) di kampus setempat.

Sosialisasi yang diikuti 200 mahasiswa FKIP semester 7 itu terkait kebijakan e-skripsi dan pembekalan magang. Berkait dengan penyusunan skripsi ada kebijakan baru yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi akademik maupun sistem yang dikelola oleh fakultas yang tetap bersinergi dengan sistem informasi di level universitas.

"Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta, penyusunan tugas akhir dalam bentuk skripsi merupakan kebijakan. Oleh karena itu, fakultas tetap menggunakan kebijakan itu. Salah satu upayanya adalah menjaga integritas, yakni pelayanan yang prima kepada seluruh mahasiswa."," kata Dekan FKIP Unisri Surakarta Dr Anita Trisiana dalam sambutannya.

Selama periode 2023-2027, lanjut dia, Unisri akan melakukan revitalisasi penyusunan skripsi yang tempo lalu masih bersifat manual.

Kemudian terkait masalah integritas, pihaknya akan menjaga marwahnya. Salah satu contohnya tidak memperkenankan euforia kegembiraan mahasiswa ketika pelaksanaan skripsi terlalu berlebihan. 

Baca juga: BEM FSRD ISI Solo Gelar Workshop Videografi di Desa Melikan

"Seperti saat mahasiswa selesai seminar proposal mahasiswa sudah berani mengalungkan slempang. Selain itu kami akan menjaga supaya mahasiswa tidak lagi membawa bingkisan-bingkisan yang merupakan bagian dari gratifikasi. Kebijakan ini kami ambil karena ada beberapa hal yang muncul dari mahasiswa kemudian kami evaluasi agar tidak menjadi kebiasaan yang tidak patut karna itu bagian dari gratifikasi," jelasnya.

Evaluasi berikutnya, lanjut Dr Anita, terkait pembagian dosen pembimbing sudah lebih cepat dibanding periode yang lama. Saat ini dari tanggal 22 hingga 27 September, prodi dan biro skripsi diminta melakukan sosialisasi, berkait dengan siapa dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2 di masing-masing program studi.

"Sehingga, mahasiswa bisa mengetahui roadmap dan fokus riset yang akan dipilih sesuai bidang kajian keilmuan di prodi masing-masing," jelasnya. 

Selain pengembangan e-skripsi, kata Dr Anita, juga ada pengembangan web dan media sosial di bawah pengawasan UPT Komputer di level universitas. Tim ini sudah uji coba sistem e-skripsi, yang baru ini dengan para pejabat struktural di FKIP, biro skripsi, dosen pembimbing FKIP.

"Hari ini kami lakukan dengan mahasiswa agar sistem ini bisa dilakukan dengan baik, untuk pelaksanaan kebijakan diberlakukan kali pertama untuk angkatan tahun akademik 2020 dan sosialisasi pertama sudah dilakukan, nantinya akan ditindak lanjuti ke program studi melalui biro skripsi, karena masing-masing akun akan di pegang oleh biro skripsi, dosen pembimbing, operator dan kaprodi dan akan dikawal bagaimana penggunaannya," paparnya. (Sofyan)

Baca juga: Kini, Rektor UHW Perbanas Surabaya Bersama Tiga Srikandi Majukan Kampus


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top