Siswa SD Muhammadiyah PK Banyudono Melaksanakan PPL ke UMKM Pembuatan Kipas Tangan di Toha Putra Souvenir dan Pabrik Handuk Lumintu

Print Friendly and PDF

Siswa SD Muhammadiyah PK Banyudono saat membuat kipas tangan.


Siswa SD Muhammadiyah PK Banyudono Melaksanakan PPL ke UMKM Pembuatan Kipas Tangan di Toha Putra Souvenir dan Pabrik Handuk Lumintu

Boyolali- majalahlarise.com -Dalam rangka melaksanakan kegiatan rutin setelah Penilaian Tengah semester kali ini, siswa – siswi kelas 3 dengan jumlah 88 siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono berkunjung ke UMKM Pembuatan Kipas Tangan yang berada di Kecamatan Polanharjo, Klaten (26/9/2023). 

Sesampainya disana siswa – siswi sangat antusias karena bisa melihat berbagai macam hasil kerajinan kipas tangan dengan motif yang beragam. Kipas tangan merupakan kerajinan yang dihasilkan melalui keterampilan tangan serta ketelitian dalam pengerjaannya agar bisa menghasilkan kerajinan kipas tangan yang bagus dan rapi.  

“Terimakasih atas kunjungannya siswa SD Muhammadiyah PK untuk melihat serta ikutserta membuat kerajinan kipas tangan ditempat kita. Di era yang semakin modern Alhamdulillah kipas tangan masih bisa eksis sampai sekarang," ujar Toha selaku pemilik Toha Putra Souvenir.

Siswa SD Muhammadiyah PK Banyudono saat menyaksikan pembuatan handuk.


Baca juga: 1.254 Kuota KIP Kuliah Merdeka Tahap Dua Dikelola Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI

Setelah melihat berbagai hasil kerajinan kipas tangan, siswa – siswi SD Muhammadiyah PK membuat sendiri kerajinan yang masih tradisional dalam pembuatannya tersebut dengan dipandu oleh para pegawai.

Kipas tangan di tempat bapak Toha biasa dibuat untuk memenuhi pesanan souvenir pernikahan ataupun untuk perlengkapan dalam seni pertunjukan. 

Setelah membuat kipas tangan bersama-sama, siswa - siswi SD Muhammadiyah PK melanjutkan berkunjung ke Pabrik Handuk Lumintu yang bertempat di Janti. Siswa - siswi diperlihatkan kegiatan pembuatan handuk di pabrik yang sudah berdiri sejak tahun 1960. 

Kegiatan PPL kelas 3 ini ditutup dengan berenang dan makan siang bersama di Pemancingan Lumintu 1001. (Sofyan)

Baca juga: Unisri Tingkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan dengan Character Building


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top