1.254 Kuota KIP Kuliah Merdeka Tahap Dua Dikelola Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI

Print Friendly and PDF

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H saat memberi sambutan sekaligus membuka acara.


1.254 Kuota KIP Kuliah Merdeka Tahap Dua Dikelola Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kepala LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah VI Jawa Tengah membuka acara Pendampingan Pengelolaan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka Bagi PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023. Bertempat di Auditorium Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo. Selasa (26/9/2023).

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H saat ditemui mengatakan pengelolaan KIP Kuliah Merdeka membantu anak-anak yang tidak mampu ekonomi tetapi mempunyai prestasi yang tinggi pendidikan di Perguruan Tinggi. Anak-anak yang dibantu dari Program Studi yang lebih tinggi akreditasinya, baik sekali atau unggul. 

"Kita membantu mereka dalam hal ini, nanti menarik memperbaiki dia. Kalau dia masuk di Perguruan tinggi unggul, dia kerja di instansi manapun diterima. Kalau yang akreditasi C itu terbatas jadi PNS tidak bisa. Kita banyak dorong untuk Prodi meraih akreditasi baik sekali dan unggul," terangnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H saat foto bersama Rektor Univet Bantara beserta jajarannya dan peserta Pendampingan Pengelolaan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka Tahun 2023 


Baca juga: Unisri Tingkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan dengan Character Building

Lebih lanjut disampaikannya, di LLDIKTI Wilayah VI pada tahap pertama KIP Kuliah Merdeka dengan uang hidup mahasiswa memperoleh sebanyak 1.682 kuota. Sedangkan dalam bentuk biaya pendidikan tahap dua sebanyak 1.254 kuota masih dalam proses.

"Total peminatnya saya sudah terima 4.000-an termasuk dari Univet. Semoga kita bisa bagi seadil-adilnya dengan pertimbangan prestasi perguruan tinggi, akreditasi dan taat azas," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani mengucapkan terimakasih kepada LLDIKTI Wilayah VI yang telah mempercayakan Univet Bantara Sukoharjo menjadi tuan rumah.

"Ini suatu kebanggaan bagi Univet Bantara dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan. Sebagai tuan rumah berusaha melaksanakan amanah ini sebaik-baiknya," ujarnya.

Disampaikan pula, dalam pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta saat ini tidaklah mudah. Terlebih mencapai status unggul butuh biaya banyak dan sumber daya manusia bagus. Namun animo masyarakat masih kurang. Dengan adanya KIP Kuliah Merdeka ini mampu menarik Masyarakat kuliah di Perguruan Tinggi Swasta.

"Berharap pemerintah memberikan kuota lebih besar kepada Perguruan Tinggi Swasta untuk mengelola KIP Kuliah Merdeka. Lewat KIP Kuliah Merdeka inilah Perguruan Tinggi Swasta memperoleh mahasiswa bagus prestasi yang tidak mampu membayar dan berharap KIP Kuliah Merdeka diprioritaskan hanya diberikan kepada Perguruan Tinggi Swasta saja," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Edukasi Pengelolaan Sampah Sejak Dini, SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan PPL ke Bank Sampah



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top