KKN 79 Univet Bantara Sukoharjo Kembangkan Tanaman Hidroponik Ramah Lingkungan untuk Kampung Gendingan

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN kelompok 79 saat menerangkan media tanam dengan menggunakan media hidroponik.

KKN 79 Univet Bantara Sukoharjo Kembangkan Tanaman Hidroponik Ramah Lingkungan untuk Kampung Gendingan

Solo- majalahlarise.com -Pemberdayaan kelompok wanita tani merupakan salah satu program yang dilakukan oleh tim KKN kelompok 79 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kelompok wanita tani dengan media tanam dengan menggunakan media hidroponik merupakan salah satu program kerja yang menjadi program utama dalam pelaksanaan KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo di kelompok 79. Kegiatan ini diadakan di kampung Gendingan RW 14, Kecamatan Jebres, Surakarta. 

Salah satu mahasiswa KKN kelompok 79, Rizka Kurnia Putri menerangkan pada tanggal 6 Agustus 2023 diadakan pembentukan kepengurusan wanita tani dan pada tanggal 27 Agustus 2023 sosialisasi untuk tanaman dengan media tanam hidroponik yang akan digunakan oleh kelompok wanita tani kampung Gendingan RW 14, Jebres, Surakarta. Kegiatan kelompok wanita tani ini dimulai pada sore. Kegiatan ini diadakan dengan sosialisasi kelompok wanita tani dimana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam pertanian.

"Kegiatan ini tim KKN kelompok 79 mendatangkan valefarm hidroponik salah satu petani dan perintis hidroponik untuk membantu dalam pembuatan media tanam hidroponik. Tujuan tim KKN kelompok 79 melakukan kegiatan ini adalah diharapkan dari kelompok wanita tani ini dapat mengambil bagian dalam agribisnis yang dilakukan petani, terutama dalam bidang panen, pengolahan hasil, dan pemasaran," ungkapnya.

Mahasiswa KKN 79 Univet Bantara Sukoharjo saat foto bersama usai melakukan sosialisasi tanaman hidroponik bersama Warga Kampung Gendingan RW 14, Jebres, Surakarta.


Lebih lanjut diterangkan Rizka, perkembangan teknologi dan tuntutan dunia pertanian saat ini memungkinkan memberi ruang bagi wanita tani untuk terlibat dalam mendukung penyediaan sarana produksi, pengolahan limbah pertanian serta pelestarian lingkungan. 

"Kelompok wanita tani diharapkan dapat memberikan dukungan psikologis bagi keluarga tani. Pembentukan wanita tani ini bertujuan agar anggota kelompok KKN 79 dapat membagi ilmunya dengan masyarakat di kampung Gendingan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam bercocok tanam dengan media hidroponik," harapnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top