Bersama KKN 79 Univet Bantara Sukoharjo, Melakukan Inovasi Kreatif di Tengah Pelemahan Ekonomi Akibat Pandemi

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN kelompok 79 Univet Bantara saat menjelaskan tentang pembuatan kain jumputan.


Bersama KKN 79 Univet Bantara Sukoharjo, Melakukan Inovasi Kreatif di Tengah Pelemahan Ekonomi Akibat Pandemi

Solo- majalahlarise.com -KKN Kelompok 79 Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo telah melaksanakan kegiatan salah satu program kerja inti KKN yang bertema “ Pemberdayaan Masyarakat untuk Menciptakan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal “. Sabtu, 19 Agustus 2023.

Ayu Novita selaku ketua KKN Kelompok 79 Mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan, mengatakan kegiatan KKN kelompoknya dilaksanakan di Kampung Gendingan RW 14, Kecamatan Jebres, Surakarta. Sebelum kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2023 ini berlangsung, kelompok 79 KKN Univet Bangun Nusantara Sukoharjo menyusun beberapa program kerja menarik yang diharapkan bisa membantu masyarakat setelah pandemi covid-19 dilalui kurang lebih 4 tahun. 

"Para anggota memilih proker-proker andalan salah satunya adalah sosialisasi kain jumputan ibu-ibu dan remaja. Proker ini dipilih karena kain jumputan saat ini menjadi trend fashion untuk semua kalangan dan mudah dalam pengaplikasiannya serta dapat dijadikan menjadi salah satu komoditi bagi warga Kampung Gendingan. Kain jumputan sendiri merupakan salah satu motif batik yang dibuat dengan cara ikat celup, yaitu diikat yang dicelupkan ke dalam warna. Batik ini tidak menggunakan malam, tetapi kainnya diikat atau dijahit dan dikerut menggunakan sebuah tali," terang Ayu.

Mahasiswa Kelompok 79 KKN Univet Bantara melakukan sosialisasi dan branding produk kain jumputan kepada Kelompok Ibu PKK Kampung Gendingan RW 14, Jebres, Surakarta


Lebih lanjut, Ayu Novita menerangkan Adapun program inti yang telah dilaksanakan adalah sosialisasi kain jumputan bagi ibu-ibu dan remaja. Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk pembekalan materi, serta contoh praktik pembuatan kain jumputan yang diikuti oleh seluruh peserta. 

"Para anggota kelompok 79 KKN Univet Bangun Nusantara Sukoharjo berharap dengan diadakannya kegiatan KKN ini terutama proker sosialisasi kain jumputan ibu-ibu dan remaja, masyarakat di Kampung Gendingan dapat aktif mengembangkan ide-ide unik yang bisa dijadikan bisnis. Selain itu bagian dari literasi  dan mengasah kreatifitas masyarakat dan menambah wawasan baru dalam membuat pakaian tidak hanya bisa lewat sablon namun teknik batik lainnya yaitu jumputan," harapnya. (Sofyan)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top