Fatipa Unisri Berkomitmen Turut Beraksi dan Andil Mengatasi Stunting Khususnya di Surakarta

Print Friendly and PDF

Kegiatan pelatihan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fatipa Unisri Surakarta.

Fatipa Unisri Berkomitmen Turut Beraksi dan Andil Mengatasi Stunting Khususnya di Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertempat di wilayah Puskesmas Penumping dalam upaya penanganan Stunting. Rabu (27/9/2023). 

Menurut Dr. Merkuria Karyantina, S.P., M.P., ketua Tim, kegiatan ini diawali dengan pelatihan pengolahan camilan tinggi protein yang dilakukan oleh mahasiswa Fatipa Unisri.

Peserta pelatihan terdiri 25 peserta dari perwakilan masing-masing kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Penumping dengan 4 kelurahan di Kecamatan Laweyan. Kegiatan ini merupakan program Hibah PKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun pelaksana 2023.

Pelatihan pengolahan camilan tinggi protein yang dilakukan oleh mahasiswa Fatipa Unisri.


Baca juga: Mahasiswa Tim PKM-PM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Adakan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Puding Lidah Buaya di Dukuh Kajen Grogol 

Lebih lanjut, Merkuria menjelaskan penanganan stunting harus dilakukan dari hulu ke hilir, sehingga setelah kegiatan ini akan ada kegiatan lanjutan, yakni pelatihan di setiap 4 kelurahan antara lain Kelurahan Panularan, Kelurahan Penumping, Kelurahan Bumi dan Kelurahan Sriwedari. 

Sementara, Dr. Ch. Evy Try Widyahening, S.S.,M.Hum, mewakili anggota tim pengabdian memberikan bantuan alat pendukung kinerja untuk kader kesehatan Puskesmas Penumping yang membawahi oleh 4 Kelurahan di Kecamatan Laweyan Surakarta.

Kristina Sriwahyuni, AMG selaku Penanggungjawab UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) Puskesmas Penumping menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini akan menjadi salah satu upaya penanganan masalah stunting di Kecamatan Laweyan. 

"Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi berkomitmen untuk turut beraksi dan mengambil andil dalam mengatasi stunting di Indonesia, khususnya di Surakarta, imbuh," ungkap Dekan Fatipa, Dr. Nanik Suhartatik, S.TP,.M.P. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 2 Giritontro Gelar Pengajian Maulid Nabi dan Sumbang Air Bersih 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top