Budayakan Literasi PPL Kelas I SD Muhammadiyah PK Banyudono Kunjungi Perpusda

Print Friendly and PDF

Kelas I SD Muhammadiyah PK Banyudono saat mengunjungi Perpusda.


Budayakan Literasi PPL Kelas I SD Muhammadiyah PK Banyudono Kunjungi Perpusda

Boyolali- majalahlarise.com -Seluruh siswa kelas 1 dari SD Muhammadiyah PK Banyudono terdiri 4 rombel berjumlah 97 siswa yaitu kelas 1A, 1B, 1C, 1D melaksanakan Program pembelajaran Lapangan (PPL) dengan tema Literasi dan Cooking Class ke Perpusda dan Pizza Suboli. Rabu (27/9/2023).

Panitia dari kegiatan PPL kelas 1 diketuai oleh ustadzah Nunik, sekretaris ustadzah Ega dampingi oleh ustadzah Ekay Ikkah, ustadzah Kirana menuju menuju lokasi kegiatan PPL menggunakan bus. 

Ketua panitia ustadzah Nunik menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat budaya membaca pada siswa, mengenal gedung arsip daerah dan tentunya pembelajaran hakiki di lapangan. "Semoga anak-anak tambah semangat belajarnya setelah kegiatan ini," tuturnya.

Baca juga: PPL Kelas VI SD Muhammadiyah PK Banyudono Belajar Membuat Gerabah Ke Klaten

Sementara ustadzah Ega menambahkan kegiatan PPL dilaksanakan dengan acara membuat Pizza susu, bertempat di SUBOLI (Pizza susu Boyolali). Kegiatan cooking class yang merupakan salah satu kegiatan sederhana dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Penumbuhan profil pelajar Pancasila yang kreatif memerlukan asahan dan pengolahan serangkaian pengalaman yang dijalani melalui pengamatan, merasakan dan melakukan, begitupun sama halnya dengan cooking class membuat pizza susu. 

"Kita tahu salah satu penghasil susu sapi adalah kabupaten Boyolali, oleh karena itu anak-anak dapat memahami ciri khas dari tempat tinggal meraka ada susu yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, yaitu salah satunya pizza susu," tuturnya.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah PK Banyudono, ustadz Pujiono mengapresiasi  kegiatan cooking class dalam kegiatan PPL kelas 1 juga ada kegiatan mengunjungi perpustakaan daerah (Perpusda) Boyolali yang berpusat di Tengah kota Boyolali. Salah satu tujuan PPL kelas 1 ke Perpusda untuk meningkatkan literasi pada siswa seja dini seperti memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini. 

Kebiasaan yang dibangun sejak dini akan membantu siswa menjadi menjadi lebih terbiasa membaca dan memperluas wawasan siswa khususnya dari mulai sejak kelas 1 SD, untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap buku di era gempuran digitalisasi yaitu HP. 

"Dari kegiatan PPL yang dilakukan siswa-siswi kelas 1 SD MPK Banyudono sangat senang, antusias dan bersemangat dalam melaksanakan serangkaian kegiatan PPL tersebut. Harapannya semoga kedepannya anak-anak bisa menjadi siswa yang memiliki profil Pancasila yang baik serta memiliki kualitas literasi yang baik" harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa PKM-PM Univet Bantara Sukoharjo Laksanakan Pengabdian Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Tas Belanja Serbaguna


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top