Mahasiswa PKM-PM Univet Bantara Sukoharjo Laksanakan Pengabdian Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Tas Belanja Serbaguna

Print Friendly and PDF

Mahasiswa PKM-PM Univet Bantara saat pendampingan pengolahan sampah plastik menjadi tas belanja serbaguna di dusun Keblokan, Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. 


Mahasiswa PKM-PM Univet Bantara Sukoharjo Laksanakan Pengabdian Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Tas Belanja Serbaguna

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa PKM-PM Univet Bantara Sukoharjo telah melakukan kegiatan Pre-test, Sosialisasi, Post-test, Pelatihan, dan Pendampingan pengolahan sampah plastik menjadi tas belanja serbaguna di dusun Keblokan, Sendangijo,  Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. 

Kegiatan dilakukan dalam rangka program PKM-PM dimulai bulan Juli sampai Oktober 2923. Dosen pendamping program ini yaitu Ardian Prima Putra S.E, M.M, yang diketuai oleh Aisyah Nur Widya Oktaviana, dan beranggotakan Mardiana Safitri, Mutiara Lintang Adzani, Inka Tiara, dan Iin Eviana Sari.

Ketua kegiatan, Aisyah Nur Widya Oktaviana menyampaikan kegiatan PKM-PM bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan Keblokan dengan cara mengolah menjadi tas belanja serbaguna, selain itu juga bisa menambahkan kreativitas masyarakat, khususnya Ibu PKK Dusun Keblokan, Sendangijo. 

Baca juga: Ekspresikan Cinta Nabi, SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Ibu PKK Dusun Keblokan sangat antusias dalam mengikuti pengabdian ini. Hal tersebut dilihat dari semangat Ibu PKK dalam mengumpulkan sampah plastik dan proses membersihan sampah. Ibu PKK juga mendengarkan dan mengikuti arahan pembuatan tas dengan baik hingga bisa menghasilkan tas belanja serbaguna.

"Tujuan lain kegiatan ini bisa mengubah limbah sampah plastik menjadi bernilai ekonomis, menambah kreativitas dan skill Ibu PKK dalam membuat tas, dan bahkan bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat," ujar Aisyah.

Sementara itu, Ketua PKK Yatmi mengaku Ibu PKK sangat senang dan antusias dalam kegiatan ini, karena baru pertama kali mendapat pelatihan pengolahan sampah plastik menjadi tas belanja, sehingga bisa mengurangi limbah sampah plastik yang ada di lingkungan. (Sofyan)

Baca juga: PPL Kelas VI SD Muhammadiyah PK Banyudono Belajar Membuat Gerabah Ke Klaten


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top