Pelepasan MBKM Kampus Mengajar 6 di SDN Tanjungrejo 01 Nguter Sukoharjo Penuh Kekeluargaan

Print Friendly and PDF

Foto bersama mahasiswa, DPL, Kepala Sekolah, serta guru-guru di SD Negeri Tanjungrejo 01.


Pelepasan MBKM Kampus Mengajar 6 di SDN Tanjungrejo 01 Nguter Sukoharjo Penuh Kekeluargaan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari MBKM, Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester yang berguna untuk melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru. Peningkatan literasi dan numerasi menjadi  hal penting dalam pelaksanaan kampus mengajar. Mahasiswa kampus mengajar angkatan 6 tahun 2023 ini akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia yang disesuaikan dengan wilayah domisili. 

Pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023, telah dilaksanakan penyerahan 5 orang mahasiswa oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kepada pihak sekolah di SD Negeri Tanjungrejo 01 kecamatan Nguter kabupaten Sukoharjo. Program kampus mengajar akan dilaksanakan pad tanggal 14 Agustus - 5 Desember 2023. 

Mahasiswa yang diterjunkan sejumlah lima mahasiswa, yaitu Dhila Riris Subekti (mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Restu Puja Dhewany (mahasiswa Universitas Sebelas Maret prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini), Lathifah Putri Aisyah (mahasiswa Universitas Slamet Riyadi prodi Pendidikan Teknologi Informasi), Farah Zhafirah (mahasiswa Institut Seni Indonesia Surakarta prodi Desain Mode Batik), Joko Dwi Kustoyo (mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta prodi Pendidikan Agama Islam). Mahasiswa-mahasiswa tersebut diterjunkan dan diserahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Indarto, S.Sn., M.Sn. (ISI SURAKARTA/ Desain  Interior).

Acara pelepasan program Kampus Mengajar ini dihadiri oleh Drs.Sukimin selaku Kepala Sekolah SD Negeri Tanjungrejo 01, Indarto, S.Sn., M.Sn. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, dan Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Angkatan 6 yang ditugaskan di SD Negeri Tanjungrejo 01.

Dosen Pembimbing Lapangan Indarto, S.Sn., M.Sn. dalam sambutannya memberikan pesan dan menyerahkan mahasiswa kepada pihak sekolah sebagai perwakilan dari Kemendikbudristek. 

"Kalian akan ditempatkan di SD ini selama kurang lebih 4,5 bulan. Saatnya kalian memaksimalkan potensi kalian. Tuntaskan tanggungjawab dan amanah ini, waktu 4,5 bulan akan terasa cepat jika kalian menjalankan dengan baik dan dengan suka cita hati yang gembira. Dalam menjalankan program ini fokuskan pada literasi dan numerasi serta disesuaikan dgn permasalahan nyata apa yang ada di sekolah penempatan." ucapnya.

Selanjutnya, penyerahan diterima oleh Kepala Sekolah SD Negeri Tanjungrejo 01 dengan menerima dan menganggap mahasiswa sebagai keluarga baru di SD Negeri Tanjungrejo 01.

Kepala sekolah bapak Drs. Sukimin, dalam sambutannya mengharapkan agar para mahasiswa dapat bekerjasama dengan guru dengan baik serta dapat memberi kontribusi  serta manfaat untuk SD Negeri Tanjungrejo 01.

Pada kegiatan penyerahan mahasiswa kampus mengajar tanggal 12 Agustus di SD Negeri Tanjungrejo 01 disambut sangat baik oleh pihak sekolah dengan hangat dan penuh kekeluargaan. 

Dhila Riris Subekti selaku ketua kelompok menyampaikan, kami juga sudah melakukan pengamatan di luar kelas dengan mengamati fasilitas dan sarana prasarana di sekolah tersebut. Selain dengan melakukan pengamatan, observasi juga dilakukan dengan metode wawancara kepada pihak sekolah baik kepala sekolah, wali kelas, hingga guru mata pelajaran. 

"Harapan saya sebagai Ketua kelompok dan seluruh tim mahasiswa adalah semoga bisa berkerja sama dengan pihak sekolah dan teman teman anggota, dan Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak yang baik bagi pihak sekolah, guru dan siswa," pungkasnya.

Setelah penyerahan mahasiswa, acara ditutup dengan foto bersama yang terdiri udari mahasiswa, DPL, Kepala Sekolah, serta guru-guru di SD Negeri Tanjungrejo 01. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top