Mahasiswa KKN UNISRI Kelompok 73 Adakan Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di SDN 01 Dalangan

Print Friendly and PDF

Leonard Ariel Prasetyo, mahasiswa KKN UNISRI Kelompok 73 saat memaparkan materi tentang menabung.


Mahasiswa KKN UNISRI Kelompok 73 Adakan Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di SDN 01 Dalangan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Leonard Ariel Prasetyo, mahasiswa KKN UNISRI Kelompok 73 Program studi Akuntansi dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ir. Y Sartono Joko S, M.P, telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menabung yang diikuti oleh siswa kelas 3 SDN 01 Dalangan, Tawangsari. Jumat (4/7/2023).

Menurut Leonard Ariel, tujuan sosialisasi ini untuk menumbuhkan semangat siswa menabung sejak dini karena banyak manfaat yang akan didapatkan. Selain itu, kesadaran akan pentingnya menabung sejak dini merupakan hal yang krusial.

"Mengingatkan anak untuk hidup hemat dan menghargai uang yang dimiliki dapat memotivasi anak supaya lebih rajin menabung. Menabung memiliki berbagai manfaat bagi anak, salah satunya adalah dapat menghindarkan dari perilaku konsumtif," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu cara untuk mengajarkan anak menabung adalah dengan mengarahkan anak pada tujuan tertentu sesuai keinginan dan mengajarkan keinginan tersebut dapat tercapai dengan menabung dari uang jajan yang disisihkan dari pemberian orang tua, saudara, bahkan kakek ataupun nenek. 

"Ketika siswa dapat menabung dan mengelola uang sendiri untuk keinginannya maupun kebutuhannya dengan menabung lalu membeli sesuatu yang diinginkan atau dibutuhkan maka siswa pun mampu merasakan kebanggan tersendiri pada dirinya karena dapat membeli sesuatu dari hasil tabungannya," ujarnya.

Ditambahkan Leonard Ariel, kegiatan sosialisasi ini sangat diperlukan guna melatih siswa siswi untuk hidup disiplin, hemat dan lebih menghargai uang.

"Membiasakan diri untuk menabung lebih baik untuk diterapkan sedari dini. Pasalnya, menabung dapat menjadi sarana belajar untuk hidup disiplin dan hemat. Selain itu, dengan menabung siswa juga dapat belajar untuk menghargai uang," jelasnya.

Dalam pemaparan materi, Leonard Ariel memberikan penjelasan tentang sumber uang dan manfaat menabung, belajar hidup hemat, cara melatih kemandirian siswa, serta mengajarkan siswa tentang bagaimana cara kebiasaan menabung sejak kecil dapat melatih anak untuk belajar hidup hemat. Hal ini bersumber dari kebiasaan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk tidak dihabiskan secara langsung dan menahan diri membeli sesuatu yang kurang bermanfaat. 

Sesi pemaparan materi berjalan sekitar 20 menit, kemudian dilanjutkan dengan memilih beberapa siswa yang berani maju kedepan untuk bercerita tentang pengalaman menabung dan menceritakan berapa lama menabung dan barang apa yang dibeli dengan uang tabungannya.

"Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari bapak ibu guru dan siswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi memiliki antusias yang luar biasa. Saya sangat berharap kegiatan sosialisasi yang telah terlaksana bisa bermanfaat bagi siswa SDN 01 Dalangan, Tawangsari, Sukoharjo," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU SMP N 7 SUKOHARJO MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN CANVA



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top