Tim Dosen Prodi Peternakan FP Univet Bantara Laksanakan Pengabdian Inovasi Pembuatan Teh Biru Bunga Telang sebagai Agen Antioksidan di Kelompok Tani Ternak (KTT) Andini Lestari, Karanganyar

Print Friendly and PDF

Tim dosen Prodi Peternakan FP Univet Bantara saat melaksanakan penyuluhan kepada Kelompok Tani Ternak Andini Lestari Karanganyar.


Tim Dosen Prodi Peternakan FP Univet Bantara Laksanakan Pengabdian Inovasi Pembuatan Teh Biru Bunga Telang sebagai Agen Antioksidan di Kelompok Tani Ternak (KTT) Andini Lestari, Karanganyar

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim Dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo yaitu  Catur Suci Purwati, S.Pt., M.Sc selaku ketua tim dengan anggota Ludfia Windyasmara, S.Pt., M.Sc dan dua mahasiswa prodi peternakan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan pengabdian berupa Inovasi Pembuatan Teh Biru Bunga Telang sebagai Agen Antioksidan di Kelompok Tani Ternak (KTT) Andini Lestari, Karanganyar. Sabtu, 10 Juni 2023 pukul 19.00 WIB.

Ketua Tim Pengabdian, Catur Suci Purwati, S.Pt., M.Sc menyampaikan pemilihan Kelompok Tani Ternak (KTT) Karanganyar sebagai sasaran penyuluhan berdasarkan pertimbangan bahwa di wilayah kecamatan Karanganyar banyak ditemui tanaman bunga telang yang belum dimanfaatkan secara optimal. Anggota (KTT) yang berjumlah 30 orang sebagian besar adalah bekerja sampingan sebagai petani. Lahan pertanian yang berupa sawah 1589,00 m2 sedangkan luas lahan kering 37766,44 m2, selain ditanami padi masyarakat juga membudidayakan tanaman obat. Salah satu usaha ini adalah membentuk KTT yang mereka beri nama Ngupoyo Boga yang artinya berusaha untuk memperoleh penghasilan. Kelompok ini telah mencoba menanam beberapa komoditi pertanian untuk kegiatannya, diantaranya adalah bunga telang yang dilakukan secara tradisional dan belum di manfaatkan secara maksimal hanya di sebagai limbah pertanian.

Tim dosen beserta mahasiswa Prodi Peternakan FP Univet Bantara saat foto bersama anggota KTT Andini Lestari, Karanganyar usai penyuluhan.


"Di Kelompok Tani Ternak (KTT) Karanganyar belum pernah ada penyuluhan mengenai metode terstandarisasi untuk pengolahan bunga telang untuk menjadi teh atau minuman yang mengandung antioksidan dan bermanfaat sebagai booster imunitas. Sehingga kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsumsi teh bunga telang sebagai alternatif antioksidan dan booster imunitas," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan analisis situasi masalah yang teridentifikasi pada mitra antara lain, mitra belum memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang manfaat bunga telang sebagai antioksidan. Mitra belum memahami metode pemanenan bunga telang. Mitra belum memahami metode terstandarisasi untuk pengolahan bunga telang menjadi teh biru bunga telang yang kaya akan antioksidan. 

"Tim Pengabdian telah melakukan penyuluhan bertempat di Aula KTT Andini Lesatari dihadiri oleh 28 anggota (KTT) mengenai sanitasi lingkungan, tata kelola lahan, pemanenan dan pasca panen teh bunga telang. Penyuluhan diasumsikan berhasil apabila skor post-test mengalami peningkatan > 30% daripada skor pre-test. Penyuluhan mengenai metode terstandarisasi untuk pengolahan bunga telang menjadi teh biru bunga telang yang kaya manfaat sebagai teh herbal antioksidan. Pelatihan cara pembuatan teh herbal Bunga Telang," jelas Ketua tim Catur Suci Purwati.

Produk teh herbal bunga Telang.

Baca juga: FEB UNS Mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Efisiensi Keuangan dan Pemasaran Marketplace Produk Kuliner Halal UMKM Mitra Binaan BMT Fadhilah Sentosa Sukoharjo

Disampaikan pula, setelah penyuluhan diperoleh hasil terjadi peningkatan pemahaman tentang teh herbal Bunga telang sebanyak lebih dari 30 %.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Ternak (KTT) Andini Lestari, Karanganyar Munadi  memberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Tim Dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Univet yang telah berbagi ilmu dan pengetahuan kepada para anggota kelompok tani dan berharap kegiatan seperti ini tetap berlanjut.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Mudah-mudahan tetap berkesinambungan. Kami merasa senang dan tambah ilmu," ungkap Munadi. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Ikut Berpartisipasi Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top